Sakit Perut Dibawah Pusar Saat Hamil, Menandakan Apa?

  • May 20, 2021

Meski momen membahagiakan, kehamilan tak terlepas dari ketidaknyamanan. Di awal kehamilan, ibu mungkin mengalami morning sickness (mual dan muntah di pagi hari). Seiring dengan membesarnya perut ibu, punggung bagian belakang mulai sakit. 

Sakit perut bagian atas dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit.

Beberapa ibu mungkin juga mengalami kram perut atau sakit perut dibawah pusar. Hal tersebut memang sangat tidak nyaman namun itu merupakan hal yang normal dan bagian dari perkembangan janin. 

Tapi ada beberapa tanda dan gejala yang harus diperhatikan untuk memastikan apakah rasa sakit itu normal atau tidak. 

Penyebab umum sakit perut saat hamil

Berikut ini beberapa penyebab umum ibu hamil mengalami sakit perut dibawah pusar:

1. Nyeri ligamen bundar

Saat perut membesar karena janin, ligamen di panggul yang menahan uterus akan meregang. Karena kehamilan, ligamen mendapat tekanan ekstra sehingga ligamen tegang dan meregang terlalu panjang. Ligamen tegang akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman jika ibu bergerak terlalu cepat. 

Nyeri ligamen biasanya terjadi di trimester kedua atau ketiga, dan bersifat sementara. Beberapa ibu akan merasakan sakit yang intens di daerah perut atau pinggul bagian kanan, atau mungkin keduanya.

Memperlambat gerakan saat duduk atau berdiri, peregangan, dan berlatih yoga bisa membantu meringankan rasa nyeri.

2. Gas perut

Gas perut dapat terjadi kapan saja, termasuk saat kehamilan. Menjelang persalinan, gas dalam perut bisa sangat banyak akibat pembesaran rahim yang memberi tekanan pada organ dan memperlambat pencernaan. 

Untuk mengatasinya, makanlah dengan porsi kecil lebih sering dan rutin berolahraga. Hindari gorengan karena dapat memicu gas perut.

3. Sembelit

Hampir semua ibu hamil akan mengalami sembelit. Kekurangan serat, konsumsi suplemen zat besi, dan hormon yang berfluktuasi adalah beberapa penyebab sembelit pada ibu hamil. 

Usahakan untuk perbanyak minum air putih dan makan tinggi serat. Dokter mungkin akan meresepkan obat pelunak feses jika ibu terlalu sering sembelit saat hamil.

4. Kontraksi Braxton-Hicks

Kontraksi Braxton-Hicks disebut juga dengan persalinan palsu yang sering muncul pada trimester ketiga. Namun kejadian ini tidak akan membuat bayi benar-benar lahir karena kontraksi ini bertujuan melembutkan serviks, membantu mempermudah saat proses persalinan nanti.

5. Pertumbuhan kehamilan

Saat bayi bertumbuh besar selama trimester kedua dan ketiga, sangat mungkin ibu merasakan sakit perut dibawah pusar dan daerah kandung kemih. Coba gunakan sabuk hamil atau celana legging hamil supaya ibu lebih nyaman. 

Sakit perut menjadi serius jika ….

Sakit perut yang tidak membahayakan bisa terasa tumpul dan tajam, dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika sakit perut disertai dengan gejala seperti munculnya bercak coklat atau darah, keputihan yang tidak biasa, dan rasa sakit yang tidak hilang, segeralah hubungi dokter. 

Sakit perut dibawah pusar saat kehamilan bisa jadi tanda kondisi medis serius yang harus segera ditangani, seperti:

  • Kehamilan ektopik

Kondisi ini terjadi saat sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim. Kehamilan ini tidak dapat bertahan dan perlu ditangani dengan obat atau operasi. Gejala biasanya muncul antara 4 dan 12 minggu kehamilan yang meliputi sakit perut dan pendarahan, nyeri di ujung bahu, dan tidak nyaman saat buang air kecil.

  • Keguguran

Nyeri kram dan pendarahan sebelum 24 minggu kehamilan bisa jadi tanda keguguran atau terancam keguguran. 

  • Preeklamsia

Nyeri akibat preeklamsia terjadi di bawah tulang rusuk dan dapat menyebar ke bawah pusar. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan bayi dan terdorongnya rahim ke bawah tulang rusuk.

  • Persalinan prematur

Kram perut yang terjadi kurang dari 37 minggu kehamilan yang terkadang disertai sesak secara teratur merupakan tanda-tanda persalinan prematur. 

CatatanJika Anda ragu dan khawatir terhadap penyebab sakit perut dibawah pusar yang dirasakan, Anda bisa mengunjungi dokter atau bidan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*