acitral tablet obat maag

Sebelum Konsumsi Acitral Tablet, Yuk Cegah Gejala Maag!

  • September 3, 2021

Maag adalah penyakit yang sering menimpa kebanyakan orang. Penyakit lambung ini biasanya diawali dengan gejala seperti asam lambung dan mengeluarkan sendawa. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi Acitral tablet.

Namun sebelum mengonsumsi tablet tersebut, ada baiknya Anda berupaya mencegah gejala maag datang supaya Anda tidak terus-menerus mengonsumsi obat yang sebenarnya dapat menyebabkan efek samping.

Lalu seperti apa pencegahan yang harus dilakukan? Berikut langkah-langkahnya di bawah ini!

Mengatur pola makan

Langkah pencegahan pertama adalah Anda harus mengatur pola makan yang selama ini Anda lakukan.

Caranya dengan makan 5 kali sehari, dan porsinya lebih sedikit daripada 3 kali namun porsinya lebih banyak yang berpotensi menyebabkan maag.

Selain itu hindarilah makanan dan minuman penyebab maag seperti makanan siap saji, tinggi lemak, dan berminyak, serta makanan pedas.

Hindari juga alkohol dan mimuman berkafein. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat dan probiotik.

Perbaiki gaya hidup

Selain mengatur pola makan dan melihat pada porsi makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus memperbaiki gaya hidup.

Caranya, tidak langsung berbaring setelah makan, dan baru berbaring 2 jam setelahnya. Kemudian posisikan kepala lebih tinggi saat tidur untuk mencegah asam lambung.

Selain itu, hentikan kebiasaan merokok karena kebiasaan ini dapat meningkatkan asam lambung.

Mengontrol stres

Stres adalah hal alami yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun yang muncul sebagai reaksi atas suatu hal yang ditanggapi negatif oleh tubuh.

Meski begitu, jangan sampai stres ini mengendalikan Anda karena bisa berujung pada kecemasan dan depresi, dan malah meningkatkan gejala maag.

Anda tentunya bisa mengendalikan stres dalam tubuh Anda dengan cara menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan stres, kuasai pikiran supaya tidak lewah pikir (overthinking), kendalikan hal yang Anda kuasai, dan berolahraga untuk bisa melepaskan hormon endorfin.

Selain melakukan pencegahan dengan cara-cara di atas, Anda juga dapat melakukan pencegahan sebelum meminum Acetral tablet dengan konsumsi bahan-bahan alami berikut ini:

Jahe

Jahe yang terkenal sebagai obat untuk menghangatkan badan di cuaca dingin dan obat untuk penambah stamina juga dapat mencegah gejala maag berupa asam lambung.

Untuk bisa memanfaatkan tanaman herbal ini yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyeduh jahe yang sudah diiris ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit kemudian minumlah.

Baking soda

Bahan alami kedua yang bisa Anda gunakan untuk mencegah maag dan gejalanya adalah menggunakan baking soda yang biasa digunakan dalam pembuatan adonan kue dan roti.

Diketahui bahan yang mempunyai nama kimia natrium bikarbonat ini mempunyai kandungan pH yang cukup tinggi untuk bisa menetralkan asam lambung di dalam perut.

Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air hingga larut lalu diminumkan. Namun sebelum menggunakannya, Anda perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter karena bahan ini mempunyai kadar garam dan gas yang tinggi.

Permen karet

Mengunyah permen karet bukan sekadar untuk meredakan ketegangan atau sebagai camilan tapi ternyata juga dapat membantu Anda mencegah terjadinya gejala maag.

Diketahui bahwa permen karet dapat merangsang air liur untuk bisa berproduksi lebih banyak untuk melarutkan dan membersihkan asam.

Permen karet juga dapat membantu Anda menelan makanan karena kemampuannya mengubah pH liur menjadi basa sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Lidah buaya

Tanaman yang terkenal dengan nama aloe vera mampu memberikan efek menenangkan bagi kerongkongan yang terbakar akibat asam lambung.

Selain itu, lidah buaya juga dapat menghindari iritasi dan mengurangi peradangan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menjadikan tanaman ini jus.

Kamomil

Tanaman kamomil bisa Anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati gejala maag, dengan dijadikan sebagai teh.

Teh dari tanaman ini mempunyai manfaat menenangkan pencernaan dan mengurangi kadar asam dalam lambung yang berlebihan.

Namun sebelum menggunakannya tanpa harus konsumsi Acitral tablet, cermatilah efek sampingnya jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah karena sifatnya yang koagulan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*