Sembelit Atasi dengan Microlax Enema, Bagaimana Pencegahannya?

  • May 24, 2021

Anda sedang gusar karena mengalami sembelit? Cobalah untuk menggunakan Microlax Enema sebagai langkah penanganan. Microlax Enema merupakan obat pencahar yang dapat diandalkan untuk mengatasi susah buang air besar. Obat dalam bentuk gel ini memiliki cara pakai dimasukkan langsung ke dalam rektum agar obat bisa langsung bekerja dan sembelit Anda berakhir. 

Namun tentunya, sembelit bisa dengan mudah kembali mendatangi Anda di waktu-waktu mendatang. Tidak disarankan pula terus menggunakan beragam obat, tidak terkecuali Microlax Enema, untuk menanganinya. Cara terbaik mengatasi sembelit tidak lain adalah melakukan upaya pencegahan. 

Ya, pencegahan adalah obat terbaik untuk semua penyakit, tidak terkecuali untuk kasus masalah sembelit. Upaya pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk memastikan susah buang air besar tidak rutin mendatangi Anda adalah sebagai berikut. 

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Serat 

Jika Anda sering sembelit, bisa jadi tubuh Anda kurang asupan serat selama ini. Kebutuhan asupan serat harian yang dianjurkan sendiri berkisar 20-25 gram per hari untuk orang dewasa. Kecukupan serat berfungsi untuk merangsang usus untuk menahan air dan mengeluarkan kotoran. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat. Sayuran hijau, sereal gandum, juga kacang-kacangan sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Tentunya pula jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan. 

  1. Perbanyak Minum Cairan 

Sebagian besar air yang Anda konsumsi akan diserap di usus kecil dan usus besar. Tercukupinya kebutuhan air di usus besar sangat penting untuk pembuangan kotoran karena bersifat sebagai pelumas. Ketika kebutuhan airnya cukup, kotoran di usus akan lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Sebaliknya jika kebutuhan air di usus kurang, bersiaplah menghadapi sembelit dan mesti ditangani dengan penggunaan obat pencahar seperti Microlax Enema. Tidak mau seperti itu, bukan? Mulailah kebiasaan baik untuk mengonsumsi air antara 6—8 gelas per hari untuk bisa mencegah sembelit.

  1. Olahraga secara Teratur 

Keaktifan tubuh ternyata berpengaruh ke risiko serangan sembelit yang semakin kecil. Pasalnya, gerakan di luar tubuh berpengaruh signifikan pada gerakan di organ tubuh, tidak terkecuali di usus. Gerakan usus yang aktif pun akan membuat kotoran akan lebih mudah keluar. Jadi, biasakanlah untuk olahraga secara teratur. Tidak perlu lama-lama dan sulit, Anda bahkan cukup berjalan santai minimal 30 menit tiap hari untuk bisa memastikan sembelit ogah mendatangi Anda. 

  1. Kelola Stres dengan Bijak 

Tingkat stres yang tinggi bisa berpengaruh ke berbagai masalah pencernaan, tidak terkecuali kasus sembelit. Cobalah untuk mulai sekarang mengelola stres dengan lebih bijak. Anda bisa melakukan meditasi, yoga, ataupun menjalankan hobi yang menyenangkan agar tingkat stres lebih terkendali dan masalah pencernaan seperti sembelit tidak perlu Anda hadapi. 

  1. Jangan Menunda-nunda Buang Air Besar 

Kebiasaan menunda-nunda buang air besar ternyata merupakan salah satu penyebab sembelit yang paling sering menimpa anak-anak. Ujung-ujungnya, penggunaan obat pencahar seperti Microlax Enema pun diperlukan untuk melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah keluar. Biasakanlah untuk tidak menunda buang air besar. Bahkan akan sangat penting apabila Anda memiliki jadwal rutin untuk buang air besar agar sistem pencernaan lebih tersistem dan lebih lancar. 

  1. Pertimbangkan Asupan Suplemen 

Ketika modifikasi gaya hidup tidak cukup untuk mengatasi sembelit, pengonsumsian suplemen yang mampu meningkatkan sistem pencernaan pun bisa Anda pertimbangkan. Magnesium merupakan suplemen yang baik untuk membuat sistem pencernaan lebih aktif bergerak dan mencegah sembelit. Namun, perhatikan pula efek sampingnya yang berpengaruh ke detak jantung sehingga harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Pilihan suplemen lain untuk mencegah sembelit adalah probiotik. Anda bahkan bisa menemukan probiotik pada semangkok yogurt dengan citarasa yang lezat. 

*** 

Upaya pencegahan sembelit akan membuat Anda lebih bebas dalam menjalani hari karena tidak keluhan susah buang air besar. Namun, berjaga-jaga dengan memiliki Microlax Enema tetap penting apabila sembelit datang sewaktu-waktu. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*