Cara Memilih Sepatu Olahraga Wanita Berdasarkan Permukaan Lari

Cara Memilih Sepatu Olahraga Wanita Berdasarkan Permukaan Lari

  • September 9, 2021

Lari merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan dan dapat menyehatkan tubuh. Saat berlari rata-rata wanita lebih mengutamakan penampilan mulai dari baju, celana, dan sepatu dengan desain warna menarik. Terutama sepatu olahraga wanita yang perlu dipilih secara seksama. Faktor apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan membeli jenis sepatu ini?

Memiliki desain menarik bukan berarti sepatu tersebut mempunyai standar berkualitas tinggi. Lalu, kalau sudah memiliki kualitas tinggi apakah sudah cukup? Tentu tidak. Anda juga perlu memilih sepatu yang tepat berdasarkan permukaan rute Anda berlari.

Kenapa penting memilih sepatu berdasarkan permukaan? Karena sepatu yang baik saat digunakan akan mendukung fleksibelitas, kekuatan, dan ketahanan pada rute yang Anda lewati. Yuk, simak informasi di bawah ini agar tidak salah beli sepatu olahraga.

1. Sepatu di Permukaan Rumput

Anda suka berlari di atas permukaan rumput? Berhati-hatilah karena bisa memicu risiko cedera tinggi. Hal itu terjadi karena kaki lebih banyak bergerak di tempat permukaan lunak, sehingga rawan jatuh atau terpeleset. Anda juga akan merasakan lari yang cenderung lebih lambat dibandingkan berlari di permukaan tanah keras.

Saat hendak berlari pada permukaan rumput, sebaiknya menggunakan spesifikasi sepatu olahraga wanita yang pas. Spesifikasinya yaitu, memiliki penyangga lengkungan, bantalan cukup tebal, dan lapisan atas sepatu terbuat dari kulit karena anti air. Rekomendasi sepatu yang cocok adalah Reebok CI Lthr Porcelain.

2. Sepatu di Permukaan Pasir

Olahraga lari bisa dilakukan di mana saja termasuk pada permukaan pasir. Permukaan ini tidak dapat diprediksi oleh siapapun karena setiap tempat memiliki tekstur dan jalan yang berbeda. Berhati-hatilah saat berlari di permukaan ini karena Anda tidak pernah tahu kapan kaki Anda tenggelam karena pasir.

Ketika kaki Anda nyelup ke dalam pasir saat berolahraga tentu kondisinya akan menjadi sulit. Banyaknya butiran pasir yang masuk ke dalam sepatu bisa menambah beban dan memperlambat langkah kaki saat berlari. Selain itu, otot Anda akan lebih banyak membutuhkan energi demi menjaga stabilitas tubuh saat berlari di permukaan pasir. Sepatu yang cocok pada permukaan ini adalah Nike Free Run.

3. Sepatu di Medan Terjal

Anda suka berlari di medan yang menantang dan terjal? Kalau pakai sepatu olahraga biasa lebih baik urungkan saja niat itu. Karena jika sepatu yang Anda gunakan tidak cocok pada permukaan terjal maka bisa cepat rusak atau jebol saat digunakan. Maka itu penting menggunakan sepatu yang kuat saat berolahraga di medan terjal atau bebatuan.

Jika sepatu olahraga pada umumnya ringan digunakan, maka sepatu olahraga khusus medan terjal cenderung lebih berat dan tebal. Tujuannya untuk melindungi kaki dari cedera yang mengancam seperti, akar-akar pohon, kerikil bebatuan, dan hambatan lainnya yang Anda temui saat berlari di medan terjal. Namanya medan terjal sudah pasti permukaannya tidak rata dan kasar sehingga rawan terpeleset atau terjatuh. Sepatu olahraga yang cocok pada medan ini adalah sepatu trail.

4. Sepatu di Permukaan Aspal

Nah, permukaan yang satu ini sudah tidak asing lagi buat kita. Permukaan ini banyak digemari untuk berlari karena memiliki tekstur keras sehingga nyaman dan aman saat melangkah. Untuk berlari di permukaan aspal Anda hanya perlu menggunakan sepatu olahraga bisa, ringan dan mampu melindungi kaki dari kerasnya aspal.

Sebelum berlari pastikan sepatu Anda memiliki bantalan yang empuk. Meski medannya cukup mudah Anda tetap harus berhati-hati karena jalanan aspal bisa saja licin setelah turun hujan.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara memilih sepatu olahraga wanita berdasarkan permukaan lari. Jangan sampai salah beli ya!

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*