amnesia anterograde

Sering Lupa Tanda Amnesia Anterograde, Ini Gejalanya

  • January 24, 2021

Lupa adalah fenomena umum yang terjadi ketika otak tidak menyerap informasi dengan benar. Ini bisa terjadi kapan saja, misalnya lupa materi yang telah dipelajari ketika kita sedang menghadapi ujian.

Tapi bagaimana rasanya jika Anda tidak bisa mengingat apapun? Hal itu disebut dengan amnesia. Perbedaan besar antara lupa dengan amnesia adalah amnesia terjadi karena kerusakan otak.

Ada beberapa tipe amnesia, salah satunya amnesia anterograde. Seseorang yang menderita kondisi tersebut tidak akan mampu mengingat peristiwa yang baru terjadi.

Perbedaan lupa dan amnesia

Memori atau ingatan terbentuk ketika seseorang mendapatkan informasi baru, misalnya setelah belajar menggunakan alat baru, melewati suatu tempat dengan nama yang asing, atau membicarakan suatu hal dengan teman.

Ketika sangat banyak informasi yang diterima dan Anda tidak memberi perhatian pada informasi tersebut, maka akan sulit diubah menjadi memori (pengkodean). Kesulitan mengakses ingatan yang telah lama disimpan juga bisa menyebabkan lupa. Ketika bertambahnya usia, ingatan akan memudar dan terjadilah lupa.

Sedangkan pada kasus amnesia, lupa terjadi ketika terjadinya kerusakan di bagian otak yang disebut dengan lobus temporal, seperti hipokampus, berperan penting dalam ingatan faktual. Kerusakan terjadi akibat penyakit, atau trauma psikologis.

Seseorang yang menderita amnesia anterograde tidak dapat mengingat informasi baru setelah peristiwa penyebab cedera. Misalnya, pasca pembedahan seorang pasien tidak bisa mengingat peristiwa yang terjadi sejak operasi, termasuk peristiwa yang sangat penting seperti kematian orang yang disayang, atau pembicaraan yang dilakukan setelah operasi.

Banyak orang dengan bentuk amnesia tersebut masih dapat membentuk ingatan prosedural baru. Ingatan prosedural mengacu pada memori berisikan informasi dalam melakukan sesuatu, seperti cara mengendarai sepeda, atau menelepon.

Sedangkan orang yang lupa akan informasi sebelum peristiwa pemicu amnesia disebut dengan amnesia retrograde. Namun penderita tetap akan mengingat kejadian yang terjadi pada tahun yang lebih lama. Umumnya amnesia retrograde terjadi bersamaan dengan amnesia anterograde, yang disebut sebagai amnesia global.

Lupa salah satu tanda amnesia anterograde

Penggunaan obat-obatan, konsumsi alkohol, cedera otak, stroke, dan operasi adalah sebagian dari penyebab amnesia anterograde yang ditandai dengan lupa akan hal-hal sederhana yang mereka lakukan, termasuk:

  • Lupa akan hal yang baru saja dipelajari
  • Lupa dengan seseorang yang ditemui sebelumnya
  • Tidak dapat mengingat dengan nomor telepon
  • Kesulitan mengingat wajat orang yang dikenal
  • Tidak dapat menyinkronkan hal-hal tertentu di tempat kerja dan rumah
  • Gerakan yang tidak terkoordinasi dan kebingungan, jika amnesia dikaitkan dengan alkohol

Mereka yang memiliki masalah mengingat ingatan jangka panjang juga bisa mengindikasikan gangguan tersebut. Hal ini dapat menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami frustasi, kebingungan, bahkan psikosis Wernicke-Korsakoff.

Bisakah amnesia anterograde diobati?

Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan amnesia anterograde, tapi Anda bisa mengelola gejalanya dengan melakukan rehabilitasi dan strategi sebagai berikut:

  • Menulis jurnal / catatan / buku harian
  • Menggunakan aplikasi pengingat atau perencana harian
  • Mengonsumsi suplemen vitamin B1 atau progesteron
  • Menjalani psikoterapi, seperti hipnosis untuk membantu pasien mendapatkan ingatannya kembali

Dalam hal ini, dukungan keluarga dan orang terdekat sangat penting agar psikologis penderita tidak terlalu terguncang. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Ikut serta menjalani rutinitas yang telah ditetapkan.
  • Membuat catatan mengenai aktivitas sehari-hari dan letakkan di tempat yang terlihat. Ini mencakup berbelanja, pengelolaan uang, persiapan makan, dan janji temu.
  • Bagi tugas harian menjadi bagian kecil dan periksa kemajuannya.
  • Buat catatan mengenai tugas yang harus dilakukan pada area yang dimaksud dan meletakkannya di tempat terlihat. Ini mencegah penderita amnesia lupa waktu dan menghabiskan waktu lama dalam melakukan suatu tugas.

Catatan

Amnesia anterograde sangat memengaruhi fungsi sehari-hari penderitanya, terutama jika gangguan sangat parah. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita gangguan tersebut dan merasa kesulitan, konsultasikan dengan dokter mengenai perawatan yang bisa dilakukan.

Tanyakan pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store atau Google Play Store.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*