Setrika Wajah 

  • September 17, 2020

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan orang-orang jika ingin merawat tubuh, termasuk bagian wajah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan setrika wajah. Setrika wajah merupakan teknik yang dilakukan untuk mengencangkan kulit wajah.

Sebagian orang ingin menggunakan setrika wajah karena dapat mencegah kerutan. Walaupun disebut sebagai setrika wajah, benda tersebut tidak terlihat seperti setrika, namun terlihat seperti shower yang berukuran kecil. Setrika wajah juga disebut sebagai radiofrequency.

Pemahaman Tentang Setrika Wajah

Pada dasarnya, setrika wajah sama seperti setrika pakaian dimana kedua setrika tersebut dapat menghaluskan permukaan pakaian dan kulit manusia.

Tidak hanya itu, setrika wajah mampu menghasilkan panas yang dapat menembus hingga ke bagian kulit yang lebih mendalam untuk merangsang pembentukan kolagen baru, mempercepat produksi elastin, dan membantu sel untuk melakukan regenerasi dengan cepat.

Setrika wajah akan memberikan hasil yang efektif dimana hasil tersebut dapat membuat kulit terasa kencang, kenyal, dan tampak muda.

Akademi Dermatologi Amerika Serikat (AAD) menyatakan bahwa mengatasi wajah dengan menggunakan setrika wajah akan mencegah kerutan. Seseorang yang pertama kali menggunakan benda tersebut akan merasakan sensasinya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Tentang Setrika Wajah

Meskipun dapat memberikan hasil yang baik pada wajah, AAD menyatakan bahwa penggunaan setrika wajah akan efektif setelah pasien menjalani perawatan selama 6 bulan. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan pasien untuk melakukan perawatan kecantikan sampingan untuk mempercepat efek setrika wajah. Contoh perawatan kecantikan sampingan yang dapat dilakukan adalah menggunakan krim wajah khusus.

Setelah melakukan perawatan tersebut, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan skin care yang tepat. Penggunaan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi wajah Anda akan membuat hasil setrika wajah mampu bertahan di bagian wajah selama 2 hingga 3 tahun.

Efek Samping

Setrika wajah merupakan salah satu prosedur yang aman dilakukan, namun harus ditangani oleh dokter kulit secara profesional. Sama seperti prosedur medis lain, setrika wajah tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang menggunakan prosedur tersebut, akan mengalami efek samping.

Dewan Dokter Bedah Kecantikan Amerika Serikat menyatakan bahwa seseorang yang menggunakan setrika wajah, akan mengalami efek samping berupa wajah terasa terbakar. Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan frekuensi yang terlalu tinggi sehingga panas yang dihasilkan juga akan berpengaruh pada wajah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat menyatakan bahwa penggunaan setrika wajah bisa menimbulkan tumor atau kanker kulit, karena dapat melepaskan radiasi.

Meskipun demikian, Dewan Dokter Bedah Kecantikan Amerika Serikat membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait dengan masalah tersebut. Masalah yang sama juga dibicarakan oleh Lembaga Kanker Amerika Serikat dan Komisi Komunikasi Federal Amerika melalui penelitian.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Setrika Wajah

AAD mengklaim bahwa setrika wajah merupakan prosedur medis noninvasif dimana prosedur tersebut tidak melibatkan pembedahan. Setelah seseorang menggunakan setrika wajah, mereka juga bisa mengalami kemerahan pada bagian wajah, namun hanya terjadi untuk  sementara.

Tidak seperti facelift, setrika wajah akan memberikan hasil yang baik secara alami. Anda juga dapat menggunakan make up secara langsung setelah menjalani perawatan tersebut.

Walaupun dapat memberikan efek yang baik pada wajah, setrika wajah membutuhkan proses yang cukup lama, setidaknya 6 bulan. Selain itu, seseorang perlu menggunakan perawatan tambahan seperti krim wajah.

Biaya untuk melakukan setrika wajah juga cukup mahal, bisa mencapai sekitar Rp 3 juta. Anda juga perlu melakukannya di klinik resmi.

Sebelum Anda melakukan setrika wajah, Anda sebaiknya pertimbangkan hal-hal yang disebutkan di atas, dan bila perlu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*