Simak 9 Cara Pakai Lipstik agar Tahan Lama

  • February 9, 2021

Bibir merupakan area sensual yang seringkali dijadikan simbol untuk menarik perhatian seseorang. Lipstik menjadi make up yang digunakan untuk membuat bibir semakin menarik. Akan tetapi, seringkali lipstik yang diaplikasikan ke bibir tidak tahan lama. Selain kualitas lipstik, daya tahan lisptik juga dipengaruhi oleh teknik pemakaiannya. Berikut ini merupakan langkah-langkah agar lipstik yang Anda gunakan bisa tahan lama: 

  1. Gunakan lipstik jenis matte

Aturan pertama yaitu pilih lipstik jenis matte terlebih dahulu. Lipstik matte memberikan hasil akhir lebih kering karena berbahan dasar lilin, bukan minyak seperti kebanyakan lipstik lainnya. Lipstik glossy berbahan minyak pada umunya membutuhkan pengaplikasian ulang selama 3 jam sekali. 

  1. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan teknik pengelupasan bibir dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian, lipstik jauh lebih mudah menempel. Anda hanya membutuhkan sikat gigi bayi bersikat lebut dan scrub bibir. Eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan jika terdapat luka di bibir karena dikhawatikan akan semakin memperparah luka. 

  1. Lembabkan dengan lip balm

Setelah Anda membersihkan seluruh wajah, oleskan lip balm sebelum melakukan step make up lainnya. Selama mengaplikasikan make up, bibir Anda akan diberikan waktu agar kelembaban meresap. Penggunaan lisptik jenis matte membuat bibir membutuhkan kelembaban ekstra. 

Hindari lip balm yang mengandung alkohol, pewarna, atau perasa karena akan semakin membuat bibir kering.   

  1. Aplikasikan garis bibir

Garis bibir dibuat untuk mempertegas batasan bibir dengan kulit di sekitarnya. Batasan ini membuat pengaplikasian lipstik lebih tegas. Selain itu, garis bibir juga berfungsi membuat bibir Anda tampak lebih tebal dan berisi. 

  1. Aplikasikan lapisan lipstik pertama

Gunakan kuas untuk mengambil lipstik dari tempatnya. Namun, Anda juga bisa menggunakan jari tangan. Ingat, jangan terlalu pelit saat mengoleskan lipstik, gunakan hingga seluruh bibir terlapisi dengan baik. Pemilihan warna juga bisa disesuaikan dengan lapisan kedua nantinya. Usahakan lapisan pertama berwarna lebih pudar dibandingkan lapisan kedua. 

  1. Bersihkan bibir

Cara ini mungkin jarang dilakukan, Anda disarankan membersihkan minyak dari bibir. Minyak mungkin berasal dari lipstik meskipun tergolong matte. Biasanya tisu memiliki 2 lapisan atau 3 lapisan. Pisahkan hingga mendapatkan hanya 1 bagian tipis dan katupkan tisu ke dua belah bagian bibir atas dan bawah Anda. 

  1. Gunakan bedak

Trik bedak juga membuat lisptik tahan lama. Caranya yaitu tempelkan tisu 1 lapis tipis ke bibir Anda. Ambil bedak tabur menggunakan kuas make up dan aplikasikan di atas tisu. Tepuk-tepuk bedak sampai minyak benar-benar hilang. 

  1. Aplikasikan lisptik lapisan kedua

Proses pengaplikasian lisptik agar tahan lama belum selesai. Anda masih perlu mengaplikasikan lipstik lapisan kedua. Kali ini gunakan sampai bibir Anda terluhat penuh, namun jangan sampai merusak polesan lapisan berikutnya. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan tisu satu lapis setelah selesai. 

  1. Bersihkan sudut bibir dengan concealer

Rapikan bagian tepi bibir yang terlihat kasar atau lipstik yang melewati garis menggunakan concealer. Penggunaan garis bibir akan memudahkan Anda menghapus lipstik yang keluar dari seharusnya. 

Yang perlu Anda ingat yaitu, lakukan langkah 1-6 jika Anda hanya ingin menampilkan riasan alami sehari-hari. Namun, lakukan langkah 1-8 jika menginginkan tampilan lipstik tahan lama untuk digunakan ke acara-acara tertentu, seperti pertemuan makan malam. Selamat mencoba cara pakai lipstik di atas sehingga dapat menempel tahan lama. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*