simethicone obat maag

Simethicone

  • December 21, 2020

Simethicone merupakan jenis obat yang dapat mengatasi rasa tidak nyaman dan nyeri karena banyaknya gas di dalam saluran pencernaan seperti perut kembung. Obat simethicone bekerja dengan menghancurkan gelembung gas pada usus. Merek-merek obat simethicone yang dijual di Indonesia adalah Neolanta dan Gastulen.

Kemasan Obat Simethicone

Obat simethicone termasuk obat antiflatulensi dan dapat diperoleh baik melalui resep dokter maupun secara bebas di toko obat. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan obat tersebut dengan hati-hati. Obat tersebut tersedia dalam kemasan tablet kunyah dan suspensi.

Dosis Obat Simethicone

Jika Anda ingin menggunakan obat simethicone, Anda perlu gunakan dosis sesuai yang dianjurkan melalui kemasan obat tersebut. Setiap orang memiliki dosis yang berbeda-beda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat tersebut. Berikut adalah dosis obat simethicone berdasarkan kondisi yang dialami pasien:

  • Perut kembung

Jika pasien berusia di bawah 2 tahun, maka dosisnya sebanyak 20 mg yang digunakan 4 kali sehari. Jika pasien berusia di antara 2 hingga 12 tahun, maka dosisnya sebanyak 40 mg yang digunakan 4 kali sehari.

Jika pasien anak berusia lebih dari 12 tahun, maka dosisnya sebanyak 40 hingga 250 mg yang digunakan setelah makan dan pada malam hari sebelum tidur. Jika pasien merupakan orang dewasa, maka dosisnya sebanyak 100 hingga 250 mg yang digunakan 3 hingga 4 kali sehari.

  • Kolik pada bayi

Jika bayi mengalami kondisi tersebut, maka dosisnya sebanyak 20 hingga 40 mg ketika waktunya makan.

Efek Samping Obat Simethicone

Sama seperti obat lain, obat simethicone dapat menimbulkan efek samping berupa diare, mual, muntah, ruam, pusing, dan kesulitan bernafas. Jika kondisi pasien memburuk atau mengalami efek samping lain, pasien sebaiknya hubungi dokter supaya kondisinya dapat ditangani lebih lanjut.

Jika Anda mengalami efek samping karena menggunakan obat simethicone dan ingin bertemu dengan dokter, Anda sebaiknya jangan lupa beritahu dokter jika Anda pernah mengalami penyakit tertentu, khususnya jika Anda mengalami kondisi berikut:

  • Alergi.
  • Kehamilan.

Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi obat simethicone jika Anda mengalami hipersensitivitas terhadap simethicone.

Pengaruh pada Tubuh Jika Dikonsumsi dengan Obat Lain

Sebagian obat dapat menimbulkan reaksi yang berbeda pada tubuh jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat simethicone. Ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apakah obat tersebut aman bagi tubuh Anda atau tidak. Dokter mungkin akan melakukan penyesuaian dengan mengurangi dosis obat tersebut atau menggantikannya dengan obat lain.

Contoh obat yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan obat simethicone adalah obat levothyroxine. Kedua obat tersebut dapat menurunkan penyerapan obat-obatan untuk tiroid.

Jika Kondisi Anda Memburuk

Jika kondisi Anda memburuk, Anda sebaiknya hubungi dokter. Jika Anda ingin bertemu dengan dokter, Anda sebaiknya mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki penyakit tertentu?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat melakukan diagnosis terhadap kondisi Anda dan menentukan pengobatan yang lebih cocok untuk mengatasi kondisi yang Anda alami.

Kesimpulan

Obat simethicone merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan pasien untuk mengatasi perut kembung. Meskipun demikian, pasien perlu waspada terhadap penggunaannya karena dapat menimbulkan efek samping dan tidak dapat dikonsumsi dengan obat-obatan tertentu. Untuk informasi lebih lanjut tentang obat simethicone atau perut kembung, pasien bisa tanyakan persoalan tersebut ke dokter.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*