Tips Atasi Morning Sickness Agar Tak Semakin Parah

  • August 6, 2020

Morning sickness atau dikenal juga dengan mual dan muntah saat hamil adalah gejala yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Bahkan, gejala ini bisa terjadi hingga beberapa kali dan menyebabkan ketidaknyamanan sepanjang hari. Biasanya, ibu hamil akan mengalami morning sickness saat memasuki usia kehamilan 6 minggu dan mulai berhenti saat usia kehamilan 12 minggu. Sebenarnya, gejala ini tidak berbahaya untuk janin, akan tetapi morning sickness yang berlebihan atau hiperemesis gravidarum akan membuat ibu mengalami dehidrasi dan malnutrisi.

morning sickness

Apa sih penyebab morning sickness?

Umumnya, penyebab morning sickness pada ibu hamil bisa bervariasi. Namun, penyebab yang paling sering terjadi adalah meningkatnya kadar hormon tertentu selama beberapa minggu pertama kehamilan. Selain itu, rendahnya kadar gula darah juga dapat menyebabkan mual dan muntah pada ibu hamil. Faktor lainnya yang sering memicu morning sickness adalah sebagai berikut.

  • Memiliki bayi kembar.
  • Tubuh terlalu lelah.
  • Stres dan depresi.
  • Sering mual dan muntah pada kehamilan sebelumnya.
  • Memiliki riwayat keluarga yang hiperemesis gravidarum
  • Mabuk perjalanan, migrain, bau atau rasa tertentu, atau penggunaan pil KB sebelum hamil.

Morning sickness tidak hanya terjadi di pagi hari, tetapi bisa sepanjang hari bahkan ketika Anda mau tidur di malam hari. Oleh sebab itu, gejala ini perlu diatasi apalagi sampai membuat Anda tidak nyaman seharian, tubuh melemah, dan tak bisa tidur.

Bagaimana cara mengatasi morning sickness ini?

Perlu dilakukan beberapa langkah untuk mengatasi mual dan muntah yang berlebihan selama hamil. Terlebih lagi, makanan yang Anda konsumsi tidak dapat diserap oleh tubuh karena dimuntahkan kembali. Nah, berikut tips untuk mengatasi morning sickness agar tak semakin parah.

  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari makanan dengan aroma menyengat yang dapat merangsang mual Anda.
  • Isi perut begitu Anda bangun tidur dengan makanan sederhana, seperti roti panggang atau biskuit. Jangan biarkan perut Anda kosong di pagi hari.
  • Konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan rendah lemak, seperti nasi, roti, dan pasta.
  • Beberapa ibu hamil ada yang mual saat mencoba makan makanan yang panas. Jadi, hindari dulu makanan yang panas jika membuat Anda mual atau muntah.
  • Penuhi kebutuhan cairan dengan minum banyak air putih.
  • Atasi mual dengan konsumsi makanan yang mengandung jahe. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum Anda mengonsumsi suplemen jahe selama hamil.
  • Akupresur, yaitu pemberian tekanan pada bagian tubuh tertentu untuk membantu meringankan gejala. Biasanya, menggunakan gelang khusus di lengan atau pita. Meskipun penelitiannya masih kurang, tetapi tidak ada salahnya Anda coba.

Apakah morning sickness bisa diatasi dengan obat-obatan?

Bisa. Apabila dengan beberapa tips di atas tidak juga ampuh mengatasi morning sickness Anda, maka bisa beralih dengan obat-obatan. Umumnya, obat-obatan yang digunakan adalah sebagai berikut.

  • Vitamin B-6 dan doxylamine.

Kombinasi obat ini banyak dijual di pasaran sebagai Unisom SleepTabs. American College of Obstetricians dan Gynaecologists telah merekomendasikan obat ini untuk meredakan mual di pagi hari selama trimester pertama. Kombinasi tersebut juga telah terbukti secara ilmiah efektif mengurangi mual dan muntah hingga 70 persen dari kasus. Hanya saja, Anda akan merasakan beberapa efek samping, seperti mengantuk, mulut kering, sakit kepala, gugup, dan sakit perut.

  • Diclegis.

Obat ini juga telah disetujui oleh FDA untuk digunakan pada ibu hamil. Uji klinis yang dilakukan menunjukkan bahwa Diclegis dapat meredakan mual pada 44 persen ibu hamil yang suka mual di pagi hari.

Selain kedua obat tersebut, ada beberapa obat lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan rasa mual dan muntah yang berlebihan, yaitu antihistamin, phenothiazine, metoclopramide (Reglan), dan antasida. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan, agar dosis obat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jika morning sickness terus berlanjut dan tak kunjung reda, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*