Waspadai 10 Penyebab Sakit Kepala setiap Hari

  • May 21, 2021

Sakit kepala sekali-sekali saja sudah tidak enak karena membuat Anda merasa sulit konsentrasi sampai harus membaringkan diri lebih sering sebab langkah menjadi gontai. Bayangkan jika Anda mengalami sakit kepala setiap hari. Bisa dibayangkan penderitaannya? 

Sakit kepala primer bisa sangat mengganggu

Meredakan sakit kepala memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Bahkan istirahat pun sudah bisa sedikit mengurangi rasa pusing yang Anda alami. Namun, jika sakit kepala setiap hari yang Anda rasakan, cobalah untuk mengecek penyebabnya terlebih dahulu guna bisa melakukan penanganan yang lebih tepat, baik di rumah ataupun dengan berkonsultasi secara medis. 

Berikut ini adalah berbagai macam penyebab sakit kepala. Coba cek, apakah ada salah satu dari penyebab sakit kepala di bawah yang juga sering Anda rasakan? Jika iya, Anda pun jadi bisa mengetahui apa sebenarnya pemicu sakit kepala setiap hari yang mengganggu Anda selama ini.  

Cemas Berlebih 

Emosional ternyata bisa sangat berpengaruh kepada kondisi sakit kepala yang Anda alami. Didapati fakta bahwa orang-orang yang memiliki kecemasan berlebih akan lebih mudah mengalami sakit kepala setiap hari dengan berbagai level, mulai dari pusing yang sekilas sampai sakit kepala yang memberi gejala kepala Anda seakan-akan ditimpa beban berat. 

Amarah 

Semakin sering Anda marah maka semakin sering pula Anda mengalami sakit kepala. Ini karena amarah membuat emosional Anda bergejolak dan memancing tingkat stres naik. Kondisi ini pada akhirnya membuat risiko sakit kepala. 

Cuaca Panas 

Pada saat cuaca panas, Anda akan lebih mudah mengalami sakit kepala. Kondisi ini berhubungan dengan kebutuhan tubuh yang berlebih akan cairan jika kondisi terlalu. Tidak jarang, Anda akan mengalami dehidrasi sehingga membuat Anda merasakan sakit kepala setiap hari. 

Dehidrasi 

Jika Anda mengalami sakit kepala setiap hari, coba cek seberapa banyak Anda mengonsumsi air mineral setiap harinya. Minimal orang dewasa membutuhkan cairan sebanyak 2,5 liter dalam sehari. Jika kurang dari itu, Anda rentan mengalami dehidrasi yang sangat mudah membuat Anda merasakan sakit kepala. 

Cedera 

Cedera di kepala efeknya bukan hanya memar. Cedera tersebut juga bisa memicu sakit kepala yang tidak tanggung-tanggung. Pada beberapa kondisi karena cedera yang Anda alami berpengaruh pada area tertentu di otak, Anda pun bisa mengalami sakit kepala setiap hari. Tentu saja Anda mesti segera mengkonsultasikan hal ini ke dokter. 

Masalah Gigi 

Apakah sakit kepala setiap hari yang Anda alami juga diikuti oleh rasa tidak nyaman di gigi Anda? Kalau iya, bisa jadi sakit kepala yang sering menghampiri Anda dipicu oleh adanya masalah gigi. Area gigi dan mulut sangat berhubungan dengan saraf. Jika area ini bermasalah, saraf pun bisa ikut tertimpa problem yang menghasilkan gejala sakit kepala. 

Kehamilan 

Pada saat hamil, seseorang akan lebih mudah mengalami sakit kepala setiap hari. Kondisi ini terjadi karena ada kecenderungan peningkatan tensi darah yang membuat pusing. Pada saat hamil, aliran darah pun semakin deras dan kebutuhan cairan bertambah sehingga kerap ibu hamil mengalami dehidrasi dan cepat merasa pusing. 

Penyakit karena Infeksi 

Penyakit-penyakit yang dipicu oleh infeksi virus maupun bakteri kerap kali diikuti oleh gejala sakit kepala. Contohnya saat flu, Anda juga akan mudah mengalami pusing. Ini merupakan respons tubuh terkait perlawanan terhadap infeksi yang menyerangnya. 

Hipotiroidisme 

Sakit kepala setiap hari juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan hormonal pada diri Anda. Orang-orang dengan produksi hormon tiroid yang rendah atau hipotiroidisme pun cenderung mengalami gangguan pusing hampir tiap hari. 

Stroke 

Berhati-hatilah sebab ada kemungkinan sakit kepala yang Anda alami merupakan bentuk gejala stroke ringan. Jika pusing Anda alami tiap hari, segeralah melakukan pemeriksaan medis karena bisa jadi ada masalah di otak dan pembuluhnya. Salah satu indikasi terbesarnya adalah stroke. 

Jangan ragu untuk segera ke dokter apabila mengalami sakit kepala setiap hari. Apalagi jika sakit kepala tersebut terjadi secara teratur dan cukup mengganggu kegiatan Anda.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*