Waspadai 5 Penyebab Medis yang Membuat Kaki Sakit

Waspadai 5 Penyebab Medis yang Membuat Kaki Sakit

  • April 30, 2021

Kaki sakit tiba-tiba saat bangunt tidur tentu mengkhawatirkan, ya. Apalagi jika rasa sakit ini dialami hampir setiap hari. Mengenai masalah kaki sakit ketika bangun tidur, ada berbagai penyebabnya.

Semua masalah ini tidak selalu disebabkan oleh kaki. Penyebab utama kaki sakit misalnya pemakaian sepatu yang tidak pas. Bisa juga karena telah melakukan berbagai latihan atau aktivitas olahraga, seperti jogging atau aerobik intens.

Selain itu, ada beberapa masalah medis yang menyebabkan kaki sakit ketika bangun tidur, yaitu: 

Diabetes 

Masalah medis pertama yang sering kali membuat kaki sakit adalah diabetes. Penyakit diabetes melitus dapat menyebabkan komplikasi dan beberapa gangguan pada kaki. 

Hal ini karena penderita diabetes lebih rentan terhadap:

  • kerusakan saraf di kaki
  • arteri yang tersumbat atau mengeras di tungkai dan kaki
  • bisul atau luka kaki

Neuroma Morton

Neuroma morton adalah penyakit yang menyerang bantalan kaki dan area di antara jari tengah dan jari manis kaki. Bantalan kaki sendiri merupakan bagian depan yang sering dijadikan pijakan saat Anda berjinjit atau mengenakan sepatu hak tinggi.

Nah, saat Anda mengalami kondisi ini, biasanya akan merasakan kaki sakit, terutama di ujung kaki seperti sedang menginjak kerikil dalam sepatu, atau merasa seolah-olah ada lipatan pada kaus kaki.

Selain itu, penderita neuroma morton juga sering kali mengalami kesemutan atau mati rasa pada jari-jari kaki

Penyakit Arteri Perifer (PAD)

Anda juga mungkin mengalami kaki sakit karena Peripheral arterial disease (PAD) atau penyakit arteri perifer.

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke tungkai tersumbat akibat penyempitan pembuluh darah yang berasal dari jantung (arteri). Akibatnya, tungkai yang kekurangan pasokan darah akan terasa sakit, terutama saat berjalan.

Penyebab kondisi ini adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Terkadang, penyakit ini tidak menimbulkan gejala dan berkembang secara perlahan. 

Namun, jika dibiarkan tanpa penanganan, penyakit arteri perifer bisa memburuk hingga menimbulkan kematian jaringan, dan berisiko untuk diamputasi.

Plantar Fasciitis 

Plantar fasciitis adalah peradangan pada jaringan penyambung (fibrosa) tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan ini berfungsi untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki, serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki.  

Plantar fasciitis menjadi salah satu penyebab umum telapak kaki sakit saat bangun tidur. Ketika Anda mengalami penyakit ini, maka kemungkinan akan merasakan kaki sakit terutama ketika melangkahkan kaki pertama kali di pagi hari, setelah beranjak dari tempat tidur. 

Seiring berjalannya waktu, rasa nyerinya akan berkurang. Namun, rasa sakitnya bisa muncul lagi saat Anda berdiri dari posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.

Kondisi ini lebih sering dialami oleh para atlet. Faktor usia, berat badan berlebih, dan memakai sepatu dengan lengkungan yang tidak memadai untuk kaki dapat meningkatkan risikonya. 

Rheumatoid Arthritis

Penyebab medis kaki sakit yang terakhir adalah rheumatoid arthritis. Kondisi ini membuat sendi menjadi nyeri, kaku, dan bengkak. Selain kaki, rheumatoid arthritis dapat dirasakan di tangan dan pergelangan tangan.

Jika tidak ditangani, rheumatoid arthritis bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius lagi, bahkan melebihi telapak kaki sakit saat bangun tidur.

Komplikasi yang bisa terjadi di lokal sendi misalnya pembengkakan, infeksi, bahkan tertekannya saraf sehingga menyebabkan carpal tunnel syndrome.

Demikian informasi mengenai penyebab medis kaki sakit yang mungkin Anda alami. Dari semua masalah pada kaki yang terjadi, cara paling efektif untuk mencegah semuanya yaitu dengan menjalankan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga. Semoga bermanfaat!

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*