7 Kebiasaan yang Memicu Gangguan Muskuloskeletal

  • January 12, 2022

Gangguan muskuloskeletal bisa membuat Anda mengalami rasa nyeri yang terus berulang disertai rasa lemas dan lemah. Otomatis kondisi tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Penyebab dari gangguan muskuloskeletal sendiri umumnya bisa terpicu oleh adanya penyakit terkait gangguan sendi, seperti osteoarthritis ataupun asam urat. Gangguan otot seperti sarkopenia ataupun penyakit autoimun juga kerap bisa menjadi pemicu munculnya gangguan muskuloskeletal. 

Di luar berbagai penyebab gangguan ini karena penyakit, kebiasaan sehari-hari yang kerap Anda lakukan juga dapat menjadi pemantik dari gangguan muskulokeletal. Di mana berbagai kebiasaan tersebut sebenarnya sangat tidak baik untuk otot, sendi, maupun tulang Anda. Namun, kebanyakan orang tidak menyadarinya. 

Apa saja kebiasaan yang bisa merusak otot, tulang, dan sendi sehingga menimbulkan gangguan muskuloskeletal? Berikut adalah beberapa di antaranya.  

Berdiri Tidak Tegak 

Apakah pose berdiri Anda sudah cukup tegak selama ini? Atau justru, Anda terbiasa berdiri dengan posisi agak bungkuk. Bisa juga Anda terbiasa berdiri dengan salah satu kaki agak ditekuk sehingga beban lebih berat di kaki yang lain. Berbagai posisi berdiri yang tidak tegak ini nyatanya bisa membuat tulang maupun sendi Anda terbebani. Jangan heran jika akhirnya Anda akan sering mengeluhkan gejala gangguan muskuloskeletal di kemudian hari. 

Kebiasaan Tidur Meringkuk 

Tiap orang punya kebiasaan tidurnya masing-masing. Namun, ada pose posisi tidur yang cukup berbahaya bagi tulang, otot, dan sendi Anda karena bisa memicu gangguan muskuloskeletal. Posisi tidur tersebut adalah meringkuk. Jadi jika Anda memiliki kebiasaan tidur seperti itu, mulailah untuk secara perlahan mengubahnya agar Anda tidak perlu terlalu sering berhadapan dengan gangguan muskuloskeletal. 

Duduk Seharian di Depan Layar 

Seberapa lama Anda duduk di depan laptop tiap harinya? Jika Anda memang terbiasa bekerja di depan layar, jangan lupa untuk mengubah posisi dengan berdiri atau berjalan-jalan sebentar untuk membetulkan posisi tubuh. Pasalnya jika Anda duduk seharian di depan layar, risiko mengalami gangguan muskuloskeletal akan lebih besar mengintai. 

Angkat Beban Berat 

Mengangkat beban yang tidak memedulikan seberapa beratnya juga bisa memancing gangguan muskuloskeletal. Karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam mengangkat beban. Ini termasuk dalam membawa tas ketika bepergian. Upayakan beban yang Anda angkat tidak lebih berat dari 5 persen berat tubuh Anda. 

Makan Berlebihan 

Posi makan yang terlalu besar bisa membuat Anda mengalami penumpukan kalori yang membuat berat badan Anda bisa bertambah dengan cepat. Berat badan berlebih atau obesitas sendiri dapat membuat Anda lebih mudah mengalami gangguan muskuloskeletal. Ini karena ketika berat badan Anda tidak ideal alias berlebihan, beban sendi maupun tulang dalam menahan berat tubuh akan semakin besar. Risiko mengalami cedera otot, sendi, maupun tulang akan menjadi lebih tinggi. 

Malas Makan 

Bukan hanya makan berlebihan, malas makan dan tidak suka mengonsumsi sayur misalnya juga bisa memicu gangguan muskuloskeletal. Ini karena tubuh Anda menjadi kurang gizi. Tulang dan otot pun tidak mendapat asupan yang ideal. Hal tersebutlah yang membuat tulang dan otot menjadi lebih rapuh dan mudah mengalami cedera. 

Jarang Olahraga 

Olahraga sangat penting untuk kesehatan. Jarang berolahraga sendiri bisa menyeret Anda ke berbagai masalah kesehatan. Gangguan muskuloskeletal pun bisa terpicu dari kemalasan Anda berolahraga. Pasalnya saat jarang digerakkan, tulang dan sendi akan lebih kaku dan mudah mengalami cendera. Inilah awal dari hadirnya gangguan muskuloskeletal. 

Apakah Anda kebiasaan di atas yang sering Anda lakukan? Lalu saat ini, apakah Anda sering mengalami nyeri di bagian sendi, otot, dan tulang yang disertai rasa kesemutan, kaku, dan lemas? Ya, kebiasaan-kebiasaan tersebut telah membuat Anda terjebak dalam gangguan muskuloskeletal

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*