Alasan Hamil 8 Minggu Kantung Janin Belum Terlihat

  • October 15, 2021

Jika hamil 8 minggu kantung janin belum terlihat, salah satu penyebabnya adalah hamil anggur atau biasa disebut dengan molar pregnancy. Kehamilan terjadi setelah sel telur dibuahi dan terkubur di rahim. Namun, terkadang, tahap awal yang sangat rentan ini dapat tercampur. Saat hal ini terjadi, kehamilan mungkin tidak akan berjalan seperti yang diharapkan. 

Molar pregnancy merupakan salah penyebab hamil 8 minggu kantung janin belum terlihat. Kondisi ini terjadi ketika plasenta tidak berkembang dengan normal. Alih-alih, tumor terbentuk di uterus dan menyebabkan plasenta menjadi masa kantung yang berisi cairan, yang juga dikenal dengan istilah kista. Sekitar 1 dari 1000 kehamilan (0,1 persen) adalah molar pregnancy atau hamil anggur. 

Cara membaca hasil USG yang benar berguna untuk mengetahui kondisi janin

Kehamilan jenis ini tidak akan bertahan karena plasenta biasanya tidak dapat menutrisi atau mengembangkan bayi. Dalam kasus yang langka, kondisi ini bahkan dapat menyebabkan risiko kesehatan bagi ibu yang mengandung. Hamil anggur juga dikenal dengan sebutan penyakit trophoblastic. Anda dapat memiliki komplikasi kehamilan ini bahkan apabila Anda pernah memiliki kehamilan yang sukses sebelumnya. Dan untungnya, Anda masih bisa memiliki kehamilan yang normal dan sukses setelah memiliki hamil anggur. 

Hamil anggur komplit dan sebagian

Ada dua jenis hamil anggur. Keduanya memiliki hasil yang sama, sehingga masing-masing tidak lebih baik atau lebih buruk dari yang lain. Keduanya biasanya bersifat jinak, dan tidak menyebabkan kanker. Jika tidak ada tanda-tanda janin sama sekali, ini disebut hamil anggur jenis komplit, yang disebabkan oleh jaringan plasenta yang tumbuh di dalam rahim Anda. Dalam kasus hamil anggur sebagian, ada jaringan plasenta dan beberapa jaringan janin. Namun jaringan janin tersebut tidak komplit dan tidak akan pernah berkembang menjadi bayi. 

Anda tidak bisa mengontrol apakah Anda akan memiliki hamil anggur atau tidak. Kondisi ini tidak disebabkan oleh apapun yang Anda perbuat. Hamil anggur dapat terjadi pada wanita dari semua etnis, usia, dan latar belakang. Kondisi ini juga kadang terjadi karena campuran antara level DNA genetik. Kebanyakan wanita membawa ratusan ribu sel telur. Beberapa di antaranya mungkin tidak dapat berkembang dengan baik. Biasanya sel telur tersebut akan diserap oleh tubuh. Namun terkadang, sel telur yang tidak sempurna (kosong) dapat dibuahi oleh sel sperma. Hal ini menyebabkan jaringan memiliki genetik dari Ayah, namun tidak mendapatkan dari Ibu. Hal ini akhirnya akan berujung menjadi hamil anggur. Dalam cara yang sama, sperma yang tidak sempurna, atau lebih dari satu sperma, dapat membuahi sel telur yang baik, yang juga akan menyebabkan hamil anggur. 

Ada beberapa faktor risiko hamil anggur, di antaranya adalah:

  • Usia. Meskipun kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, ada kemungkinan besar Anda akan memiliki hamil anggur apabila berusia di bawah 20 tahun atau lebih dari 35 tahun. 
  • Riwayat. Jika Anda pernah memiliki hamil anggur sebelumnya, ada kemungkinan lebih tinggi untuk memilikinya kembali. (Namun, ada pula kemungkinan Anda akan memiliki kehamilan yang sukses dan normal setelahnya).

Hamil anggur tidak berkembang menjadi kehamilan yang normal. Inilah sebabnya hamil 8 minggu kantung janin belum terlihat. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya menjadi normal. Yang bisa dilakukan hanyalah mendapatkan perawatan untuk mencegah komplikasi. Namun, dengan perawatan yang tepat, Anda tetap dapat memiliki kehamilan yang sukses dan bayi yang sehat setelahnya.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*