Apa Saja Pantangan Pasca Operasi Caesar Maupun Anjurannya

  • November 5, 2021
Pantangan setelah operasi Caesar adalah berhubungan intim

Jika Anda baru saja menjalani operasi caesar, atau memiliki jadwal dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan setelah operasi caesar yang perlu diingat saat Anda pulih.

Tidak peduli bagaimana Anda melahirkan, Anda akan memiliki sedikit masa pemulihan sesudahnya. Untuk ibu yang menjalani operasi Caesar, baik itu dijadwalkan atau tidak direncanakan, penting untuk diingat bahwa operasi caesar adalah operasi besar jadi masa pemulihan harus diperlakukan seperti itu!

Itu semua terdengar lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama ketika Anda seorang ibu baru yang sibuk merawat bayi yang baru lahir. Jika Anda baru saja menjalani operasi caesar, atau memiliki jadwal dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa pantangan pasca operasi caesar dilakukan dan tidak boleh dilakukan setelah operasi caesar yang perlu diingat saat Anda pulih.

Setelah melahirkan dengan operasi Caesar, wajar jika mengalami rasa sakit, pegal, bahkan berdarah. Lagi pula, Anda baru saja menjalani operasi perut besar dan tubuh Anda perlu waktu untuk pulih. Ini juga berarti Anda harus lebih sadar tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan saat tubuh Anda sembuh. Berikut adalah tips cara merawat sayatan caesar Anda dan aktivitas apa yang akan mendorong penyembuhan.

Aktivitas Fisik Setelah Operasi Caesar

Perubahan terbesar (selain memiliki bayi baru) adalah mengubah aktivitas fisik Anda sampai Anda sembuh. Panduan tentang apa yang diharapkan setelahnya akan membantu tubuh Anda sembuh secepat mungkin.

  • Anjuran:
  • Luangkan waktu untuk duduk dan menjalin ikatan dengan bayi Anda.
  • Beristirahatlah saat Anda lelah.
  • Berjalan setiap hari. Berjalan membantu mencegah pembekuan darah dan sembelit.
  • Pegang bantal di atas sayatan Anda saat Anda perlu batuk atau tertawa.
  • Mandi seperti biasa.
  • Hubungi konsultan laktasi jika Anda kesulitan menyusui.
  • Pantangan:
  • Angkat sesuatu yang lebih berat dari bayi Anda.
  • Gunakan tampon atau douche sampai Anda mendapat izin dokter.
  • Mandilah sampai sayatan Anda sembuh dan pendarahan pascapersalinan Anda telah berhenti.
  • Berpartisipasilah dalam aktivitas yang ketat atau lakukan latihan otot inti sampai dokter mengizinkan Anda untuk beraktivitas.
  • Berhubungan seks sampai dokter Anda mengatakan Anda bisa.
  • Takutlah untuk meminta bantuan. Itu mungkin berarti meminta teman dan keluarga untuk mengawasi bayi saat Anda tidur siang, atau menyuruh mereka mencuci pakaian.
  • Naik tangga berulang kali.
  • Berendamlah di kolam renang umum atau kolam air panas.
  • Anjuran: melembabkan bekas luka

Karena pelembab dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh desensitisasi saraf, melembabkan tempat sayatan adalah tip pemulihan bedah Caesar yang penting. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda melembapkan dengan losion tanpa pewangi yang tidak mengandung pewarna buatan, pewarna, paraben, gliserin, atau lanolin, karena ini tidak aman untuk luka.

Beberapa ibu baru menggunakan pelembab yang mengandung vitamin E, karena ada beberapa dukungan untuk perannya dalam proses penyembuhan, tetapi tunduk pada penilaian dokter Anda tentang kapan Anda diizinkan untuk mulai melembabkan dengan vitamin E.

  • Pantangan: biarkan bekas luka Anda terkena sinar matahari

Mungkin tampak seperti ide yang baik untuk mendapatkan sinar matahari setelah terkurung di ruang pemulihan selama beberapa hari, tetapi jika Anda melakukannya, hindari memaparkan bekas luka Anda ke sinar matahari langsung setidaknya selama satu tahun. Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan bekas luka menjadi berpigmen dan berubah warna menjadi lebih gelap daripada kulit di sekitarnya, yang dapat memiliki efek jangka panjang. Ketika Anda membiarkan bekas luka di bawah sinar matahari, pastikan untuk tidak melupakan tabir surya Anda, dan pastikan sudah cukup sembuh untuk mengaplikasikannya. Sekali lagi, periksa dengan dokter Anda untuk melihat kapan itu mungkin terjadi. Itulah pantangan pasca operasi caesar.

Diet Setelah Operasi Caesar

Merawat tubuh Anda setelah operasi berarti mendapatkan nutrisi yang tepat.

  • Anjuran:

Minum cukup air dan cairan lainnya.

Makan makanan yang seimbang dan sehat.

Konsumsi suplemen serat setiap hari. Ini dapat membantu menghindari sembelit

  • Pantangan:

Diet cepat. Tanyakan kepada dokter Anda kapan Anda bisa mulai mencoba menurunkan berat badan bayi.

  • Anjuran: mobilisasi bekas luka itu!

Pertama, jangan memulai ini sampai Anda setidaknya 12 minggu pasca persalinan. Tetapi mobilisasi bekas luka itu penting karena lokasi operasi caesar—perut Anda—memainkan peran penting dalam gerakan dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Memobilisasi bekas luka memobilisasi otot inti dan membantu mengembalikan fungsi di bawahnya. Mobilisasi terdengar seperti ini: Anda ingin membuat area tersebut bergerak. Jepit kulit di sekitar bekas luka Anda. Cobalah untuk melakukan ini setidaknya sekali sehari.

  • Pantangan: memakai pakaian yang menjengkelkan

Anda tidak akan ingin mengenakan pakaian yang menggali ke dalam situs sayatan. Sebagian besar karena tidak nyaman, tetapi juga karena menghambat penyembuhan! Carilah pakaian dalam yang berpinggang tinggi dan mulus.

  • Anjuran: berlatih teknik desensitisasi saraf

Jika Anda tahu Anda akan menjalani operasi caesar, Anda mungkin ingin mengemas paket desensitisasi setiap kali Anda mengemas rumah sakit sehingga Anda memilikinya berguna ketika Anda tiba di rumah. Ini adalah operasi besar, dan Anda mungkin menemukan bahwa kulit Anda sensitif atau gatal karena dampaknya pada jaringan dan saraf. Anda akan ingin mulai menghilangkan kepekaan sekitar seminggu setelah operasi caesar untuk mendorong pertumbuhan sel dan juga membuat kulit itu kurang sensitif. Caranya, gosok area sayatan dengan bahan yang berbeda-beda, selama lima menit atau lebih. Mulailah dengan bahan yang lebih lembut, seperti tisu atau kapas, dan lanjutkan ke bahan yang lebih kasar, seperti kain kempa atau handuk.

  • Pantangan: ambil semuanya satu hari pada satu waktu!

Saat Anda merawat bayi yang baru lahir, mudah untuk melepaskan diri dari daftar tugas dan mengabaikan tip pemulihan operasi caesar Anda, baik dari daftar ini atau dokter Anda. Namun, jangan lupa: Merawat diri sendiri adalah bagian penting dari menjadi seorang ibu, dan Anda tidak ingin secara tidak sengaja memperburuk keadaan dengan melukai tempat sayatan atau memaparkannya pada bakteri. Terakhir ini yaitu pantangan pasca operasi caesar. 

Perawatan sayatan

Setelah melahirkan bayi Anda melalui operasi caesar, dokter Anda akan memberi tahu Anda cara merawat sayatan Anda. Perawatan ini harus mencakup:

  • Anjuran:

Menjaga area tetap kering dan bersih.

Gunakan air sabun hangat untuk mencuci sayatan Anda setiap hari (biasanya saat Anda mandi). Tepuk-tepuk area tersebut hingga kering setelah dibersihkan.

Jika dokter Anda menggunakan selotip pada sayatan Anda, biarkan terlepas dengan sendirinya. Hal ini kadang memakan waktu satu minggu.

  • Pantangan:

Gunakan produk pembersih yang bisa membuat luka Anda sembuh dengan lambat.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*