Apakah Dent Disease Bisa Disembuhkan?

  • January 10, 2022

Tergolong penyakit genetik langka, banyak ahli yang sulit menentukan pengobatan pada dent disease yang tepat karena penyebab pastinya belum diketahui hingga kini. Lantas, apakah penyakit ini dapat disembuhkan?

Apa itu dent disease?

Dent disease atau penyakit Dent’s adalah sebuah penyakit ginjal kronis yang paling sering menyerang laki-laki. Gejala dan keparahannya bisa berbeda-beda pada tiap pasien, biasanya mulai muncul ketika masih anak-anak dan seiring waktu akan semakin memburuk. 

Salah satu karakteristik dari dent disease adalah proteinuria (protein di dalam urine, diikuti dengan hiperkalsiuria (kadar kalsium berlebihan di dalam urine), nefrokalsinosis (penumpukan kalsium dalam ginjal, dan batu ginjal

Terkadang dent disease juga disertai dengan rakitis atau gangguan pertumbuhan tulang dan bentuk tubuh pendek. Jika tak segera ditangani, dent disease dapat memburuk menjadi gagal ginjal ketika mencapai usia dewasa.

Penyakit Dent‘s terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe 1 yang disebabkan oleh mutasi gen CLCN5 dan tipe 2 yang disebabkan oleh mutasi gen OCRL. Pria dengan penyakit ini berisiko tinggi mengalami hipotonia, katarak, dan retardasi mental ringan. 

Apakah dent disease bisa disembuhkan?

Hingga kini pengobatan pasti untuk dent disease belum diketahui. Sebagian besar pengobatan hanya digunakan untuk mengendalikan gejalanya. 

Namun diketahui bahwa prognosis atau prediksi kemungkinan dari penyakit ini cukup baik bagi sebagian besar pasien, terutama yang mendapatkan penanganan lebih cepat. 

Perburukan kondisi hingga mencapai stadium akhir atau gagal ginjal biasanya baru terjadi pada usia 30-50 tahunan, dan hanya terjadi pada sekitar 30-80 persen pasien pria.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyakit ini dapat disembuhkan dan terhindar dari kemungkinan perburukan gejala hingga kematian.

Penggunaan obat yang tepat dalam perawatan juga memiliki peran yang penting dalam pengelolaan penyakit ini. Salah satu obat yang kerap digunakan adalah thiazide diuretik.

Thiazide diuretik merupakan jenis obat diuretik atau yang dapat meningkatkan aliran kencing dengan cara bekerja langsung pada ginjal. Obat ini sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah kambuhnya nefrolitiasis. 

Thiazide juga diketahui sukses dalam mengobati hiperkalsiuria idiopatik pada anak-anak dan diketahui dapat mengurangi kadar kalsium dalam urine. Sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan risiko gagal ginjal. 

Meskipun begitu, penggunaan obat ini terkait dengan sejumlah efek samping yang cukup parah seperti muntah dan rasa lemas. 

Hingga kini, belum ada informasi penggunaan thiazide diuretik pada pasien Dent disease. Namun efeknya sudah terbukti dapat mengurangi sejumlah gejala yang dialami pasien. 

Bisakah mencegah dent disease?

Dent disease merupakan penyakit genetik langka, yang berarti penyakit ini diturunkan dalam keluarga. Sehingga penyakit ini tidak dapat dicegah pada orang yang memiliki riwayat penyakit ini.

Namun Anda dapat mencegah kondisi penyakit ini mengalami perburukan dengan mendeteksi dan menanganinya lebih awal. Sebab penyakit ini kerap tidak terdiagnosis, tidak hanya karena gejalanya yang masih ringan namun juga kadang hampir sama dengan gangguan ginjal lainnya.

Dent disease tipe 1 lebih banyak ditemukan ketimbang tipe 2. Penyakit ini sebagian besar berada di ginjal, sehingga kecil kemungkinannya akan mengalami kekambuhan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*