Atasi Diabetes dengan Mengganti Pemicu Gula Darah ke Diabetasol

  • January 12, 2022

Diabetes merupakan penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Diabetes akan menyebabkan kerusakan serius pada jantung,mata hingga saraf. Salah satu penyebab utama penyakit diabetes adalah makanan yang kurang sehat. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan dan minuman yang berpotensi memicu diabetes.

1. Buah Kering

Buah merupakan sumber dari vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk potassium dan vitamin C. Proses pengeringan buah menyebabkan konsentrasi nutrisi dalam buah lebih tinggi. Sayangnya, hal ini beriringan dengan semakin tingginya kandungan gula pada buah tersebut.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang rendah gula untuk mencegah diabetes. Contoh buah-buahan yang cocok dikonsumsi adalah apel, buah beri segar, dan berbagai buah rendah gula lainnya. Mengonsumsi buah-buahan tersebut akan membantu Anda menjaga kesehatan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah.

2. Makanan Berkarbohidrat yang Diproses Tinggi (Highly Processed Carbohydrates)

Karbihidrat olahan berat (heavily processed carbohydrates) sangat mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan insulin dan kadar gula dalam darah. Semakin lama kondisi ini dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe-2.

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit diabetes Anda perlu membatasi asupan makanan yang memiliki karbohidrat olahan. Contoh makanan tersebut adalah kue, kerupuk, pasta, muffin, dan beberapa makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi.

3. Makanan yang Tinggi Lemak Jenuh dan Trans

Lemak jenuh dan trans yang tinggi dan tidak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Apabila kadar kolesterol dalam darah tinggi, maka semakin tinggi pula risiko seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2.

Lemak jenuh dapat Anda temukan di dalam daging berlemak, keju tinggi lemak hingga mentega. Sementara itu lemak trans dapat Anda temukan di makanan panggang kemasan maupun di dalam makanan yang digoreng.

4. Kentang Goreng (French Fries)

Kentang goreng merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. Akan tetapi, mengonsumsi kentang goreng secara berlebihan dapat memicu penyakit diabetes. Setelah dikupas, lalu digoreng dengan minyak sayur, kentang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah Anda. Hal ini lah yang meningkatkan risiko terkena diabetes pada seseorang.

Pilihan konsumsi makanan lain yang hamper mirip dengan kentang adalah ubi jalar. Anda dapat mengonsumsi ubi jalar sebagai pengganti kentang. Anda dapat mengonsumsi ubi jalar dalam porsi kecil agar tubuh ternutrisi dengan baik dan seimbang.

5. Minuman Berpemanis Gula (Sugar-sweetened Drinks)

Sering minum minuman berpemanis gula (sugar-sweetened drinks) dikaitkan dengan penyakit jantung, penambahan berat badan atau obesitas, diabetes tipe 2, kerusakan gigi, gigi berlubang, penyakit ginjal, penyakit hati non-alkohol hingga asam urat.

Contoh umum minuman berpemanis gula (sugar-sweetened drinks) yang dapat Anda hindari maupun kurangi konsumsinya adalah soda biasa (soda tidak bebas gula), minuman energi, minuman kopi, air manis hingga minuman teh dengan tambahan gula.

Salah satu pilihan bagi Anda yang suka minum minuman manis, tapi tetap ingin mengurangi risiko terkena penyakit diabetes adalah dengan mengonsumsi minuman yang menggunakan pemanis lain, seperti pada produk Diabetasol Susu Rasa Vanilla 180 g yang dijual di Toko SehatQ.

Pemanis sukralosa yang terkandung di dalam produk Diabetasol Susu Rasa Vanilla 180 g ini aman dikonsumsi oleh orang yang berisiko terkena diabetes. Selain itu, produk Diabetasol Susu Rasa Vanilla 180 g juga mengandung serat pangan (inulin), sehingga dapat menurunkan kadar lemak di dalam darah.

Anda dapat mengurangi dan/atau menghentikan konsumsi beberapa makanan dan minuman di atas agar risiko Anda untuk terkena penyakit diabetes semakin rendah. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat sejak dini agar nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*