Beberapa Penyebab Diare Kronis Dapat Terjadi, dan Cara Penangan Menggunakan Smecta Sachet

  • January 14, 2022

“Diare memang sering terjadi pada semua orang. Kenali penyebab diare kronis bisa terjadi agar tidak menjadi masalah serius dan cara menanganinya dengan Smecta sachet.”

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, diare merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan feses seseorang menjadi encer dan berair. Diare juga menjadi masalah kesehatan yang banyak terjadi di Indonesia, sebanyak 7 juta kasus terjadi setiap tahunnya. 

Pada umumnya, diare tidak termasuk ke dalam penyakit serius. Namun, ketika diare sudah berlangsung selama 2 – 4 minggu, ini disebut dengan diare kronis. Diare kronis bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani karena cairan dalam tubuh terus keluar bersamaan dengan feses. 

Maka dari itu, Anda haru mengenali penyebabnya dan cara penanganannya menggunakan Smecta sachet. 

Penyebab diare kronis

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa penyebab terjadinya diare kronis, yaitu:

  1. Konsumsi alkohol dan kafein berlebihan

Bila Anda terlalu sering meminum minuman alkohol dan berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda, maka Anda akan memicu terjadinya feses yang encer dan berair.

Selain melakukan pengobatan dengan Smecta sachet, Anda juga perlu mengubah pola hidup. Mengurangi konsumsi alkohol dan kandungan kafei akan membuat gejala lebih cepat mereda bahkan hilang.

  1. Makanan tinggi gula

Mengonsumsi makanan dengan tinggi gula pun akan menjadi pemicu terjadinya diare kronis. Beberapa jenis gula atau pemanis tertentu ini dianggap bisa meningkatkan risiko diare kronis apabila dikonsumsi setiap hari.

  • Sorbitol, 
  • Mannitol
  • Fruktosa
  • Laktosa 
  1. Penggunaan obat tertentu

Penyebab diare kronis yang lainnya adalah efek samping penggunaan obat tertentu. Beberapa jenis obat juga bisa menjadi pemicu diare kronis terjadi, yaitu:

  • Terlalu banyak antibiotik, seperti amoxcilln, ampicillin, dan cefpodoxime
  • Beberapa jenis antidepresan, seperti inhibitor reuptake selektif, dan inhibitor reuptake serotonin-noradrenalin
  • Antasida yang di dalamnya mengandung magnesium hidroksida
  • Obat pencehar atau pelunak feses
  • Obat kemoterapi yang mengobati kanker
  1. Beberapa jenis penyakit

Diare kronis juga bisa terjadi karena efek dari beberapa jenis penyakit, termasuk:

  • Pengangkatan kantung empedu
  • Gangguan hormonal
  • Irritable bowel syndrome
  • Pasca pembedahan
  • Alergi
  • Tumor langka

Cara mengatasi diare kronis dengan Smecta sachet

Menurut Health Line, obat dengan kategori antidiare mampu meredakan diare kronis yang terjadi. Oleh karena itu, Smecta sachet bisa menjadi pilihan obat untuk mengatasi diare kronis ini.

Smecta sachet merupakan obat yang berfungsi untuk mengurangi diare yang terjadi, yakni diare kronis dan diare non spesifik. Hal ini dikarenakan di dalam Smecta sachet terdapat kandungan zat aktif Dioctahedral smectie yang bekerja dengan cara menyerap racun, bakteri, serta virus dalam melindungi lapisan mukosa usus dan akan mengubah sifat fisik dari cairan lambung.

Zat aktif yang ada di dalam Smecta sachet ini nantinya akan berinteraksi dengan lendir glikoprotein di dalam usus yang selanjutnya akan meningkatkan kekebalan gel mukosa sebagai perlindungan alami terhadap zat-zat agresif penyebab diare.

Obat smecta ini bisa dikonsumsi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, khusus bagi anak di bawah 6 tahun yang ingin menggunakan obat ini maka harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Kategori kehamilan

Ibu hamil dan menyusui masuk ke dalam golongan yang perlu perhatian khusus dalam mengonsumsi obat ini, sebab Smaecta sachet masuk ke dalam kategori C.

Pengertian kategori C adalah belum terdapat penelitian untuk penggunaan Smecta sachet ini kepada ibu hamil. Namun, dikhawatirkan akan ada efek samping yang mungkin bisa terjadi dan mengganggu tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, obat dengan kategori C diperbolehkan apabila penggunaannya hanya dapat dilakukan jika manfaat lebih besar daripada risiko yang mungkin terjadi.

Maka, Anda perlu mengonsultasikannya sebelum mengonsumsi Smecta sachet agar mendapatkan cara terbaik menangani diare kronis yang terjadi.

Jadi, itulah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan diare kronis serta bagaimana penanganannya menggunakan Smecta sachet.

Jangan lupa untuk selalu laporkan kepada dokter dan berhentikan pemakaian bila terjadi efek samping, seperti alergi berat, kram perut, dan diare yang tak kunjung mereda setelah dua hari.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*