buah yang mengandung vitamin C

Buah yang Mengandung Vitamin C, Ini Pilihannya

  • November 19, 2021

Vitamin C adalah vitamin esensial yang menghadirkan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Mulai dari melawan infeksi virus pilek maupun flu sampai mencegah kanker bisa dilakukan oleh vitamin yang tergolong sebagai antioksidan itu. 

Tubuh Anda memang tidak bisa memproduksi vitamin C. Namun, Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan sebanyak 90 miligram lewat buah maupun sayuran. Buah yang mengandung vitamin C sendiri sangat banyak jenisnya dan bisa jadi salah satunya adalah favorit Anda. 

Berikut ini adalah beragam jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi apabila ingin memastikan kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan terpenuhi. Soalnya, buah yang mengandung vitamin C di bawah ini setidaknya bisa memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan harian Anda per porsi yang Anda santap! 

Jeruk 

Ketika berbicara soal buah yang mengandung vitamin C, pikiran kebanyakan orang pasti langsung mengarah ke jeruk. Buah ini memang sumber vitamin C yang tidak bisa dipandang remeh. Satu buah jeruk berukuran sedang bisa memberikan Anda sebanyak 70 miligram vitamin C ataupun sekitar 70 persen kebutuhan harian yang dianjurkan. 

Lemon 

Suka minum perasan lemon di pagi hari membuat Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. Soalnya, sebuah lemon mentah bisa menyediakan 83 miligram vitamin C untuk tubuh Anda. Ini jika buah berwarna kuning ini disantap beserta kulitnya. Artinya, hampir 92 persen kebutuhan vitamin C Anda sudah terpenuhi! 

Mangga 

Mangga adalah buah yang mengandung vitamin C sama baiknya dengan jeruk. Soalnya, mengonsumsi setengah buah mangga ukuran sedang bisa menyediakan vitamin C sampai 70 miligram bagi tubuh. Ini setara dengan 70 persen kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. 

Kiwi  

Kiwi bukan hanya berpredikat sebagai buah yang mengandung vitamin C, melainkan juga ini merupakan buah kaya serat dengan kandungan flavonoid dan karotenoid yang tinggi. Sudah pasti buah berbulu halus ini sangat baik untuk tubuh Anda. Kandungan vitamin C dalam satu buah kiwi ukuran sedang sendiri berkisar 70 miligram. 

Pepaya 

Buah tropis yang satu ini bukan hanya mampu menghindarkan Anda dari masalah sembelit. Pepaya juga bisa menyediakan hampir seluruh kebutuhan vitamin C harian yang Anda perlukan. Anda cukup mengonsumsi sekitar 150 gram atau satu cangkir pepaya untuk bisa memperoleh 87 miligram vitamin C atau setara dengan 97 persen kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. 

Stroberi 

Buah mungil dengan warna merah menyala ini juga dapat menjadi pilihan apabila Anda sedang mencari buah yang mengandung vitamin C tinggi. Anda bisa mendapatkan sekitar 89 miligram vitamin C atau 99 persen dari kebutuhan harian hanya dengan satu cangkir stroberi. Dengan rutin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi ini, Anda bisa terhindari dari berbagai risiko penyakit kronis.  

Jambu Biji 

Buah yang mengandung vitamin C lain yang patut Anda pertimbangkan adalah jambu biji. Anda hanya perlu kurang dari satu jambu biji untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Soalnya, satu jambu biji sendiri bisa mengandung 126 miligram vitamin C atau setara dengan 140 persen kebutuhan harian yang dianjurkan. Banyak orang malas mengonsumsi buah ini karena kesulitan memisahkan biji dengan dagingnya. Cara mudah menyantap buah ini sebenarnya bisa dengan mengejus jambu biji, kemudian menyaringnya. 

Blackcurrant  
Blackcurrant dianggap salah satu sumber antioksidan tertinggi. Bukan tanpa alasan, ini karena buah mini ini juga mengandung vitamin C yang melimpah. Bayangkan saja, Anda cukup mengonsumsi setengah cangkir blackcurrant untuk bisa mendapatkan 101 miligram vitamin C. Jumlah ini sama dengan 112 persen dari kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan. 

Selain buah-buah yang mengandung vitamin C di atas, masih banyak pilihan buah yang mengandung vitamin C lainnya. Hanya saja, nilai kandungannya memang tidak sebesar buah-buah di atas. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*