Cara Menghilangkan Kerak di Kepala Bayi

  • November 11, 2021
Cara menghilangkan kerak di kepala bayi bisa dengan mengoleskan minyak

Cradle cap terjadi karena kulit kepala menghasilkan terlalu banyak sebum yang membuat pengelupasan alami kulit kepala terganggu sehingga membuat penumpukan kulit mati pada kulit kepala bayi. Ini biasanya akan hilang dengan sendirinya hingga bayi berusia 3 bulan, namun ada juga yang bertahan hingga bayi berusia diatas satu tahun. Sebagian besar akan menghilang saat bayi berusia satu tahun dan akan benar-benar hilang saat mereka berusia empat tahun.

Meski secara medis tidak berbahaya dan tidak menular, namun beberapa orang tua biasanya tidak nyaman melihat kerak pada kepala bayi mereka. Dan berusaha mencari cara untuk menghilangkannya. Berikut cara-cara yang bisa dicoba.

  1. Sikat Kulit Kepala Bayi

Anda bisa menyikat kulit kepala bayi Anda dengan lembut untuk menghilangkan serpihan cradle cap dari kepala mereka. Namun Anda harus berhati-hati agar tidak melukai kulit kepala bayi. Untuk itu, gunakan sikat khusus untuk cradle cap atau sikat yang memang dikhususkan untuk kepala bayi.

Anda bisa mengikuti metode seperti berikut ini.

  • Menyikat area kulit kepala bayi yang terkena cradle cap secara berlahan dengan gerakan searah.
  • Sisir rambut bayi Anda untuk menghilangkan serpihan dari helaian rambutnya.
  • Anda bisa melakukannya dalam kondisi rambut bayi basah ataupun kering.
  • Sikat setiap hari, namun jika kulit kepala bayi Anda memerah maka kurangi intensitasnya.

Anda juga bisa menyikat kulit kepala bayi sebelum memberikannya shampoo. Metode ini akan menghilangkan beberapa serpihan dan meningkatkan kesehatan kulit kepala bayi Anda secara keseluruhan.

  1. Melembabkan Kulit Kepala

Cara menghilangkan kerak di kepala bayi selanjutnya ialah dengan memberikan kelembaban pada kulit kepala bayi Anda. Hal ini bisa membuat serpihan terangkat sekaligus memberikan nutrisi pada kulit kepala. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak jojoba atau minyak almond. Namun Anda harus berhati-hati guna tidak menimbulkan iritasi. Untuk itu, coba teteskan sedikit pada kulit kepala bayi Anda guna melihat apakah minyak tersebut membuat iritasi.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Mengoleskan minyak secara tipis ke kulit kepala bayi dengan merata.
  • Pijat lembut kepala bayi Anda secara satu menit, namun berhati-hati karena kepala bayi masih cukup lunak terutama di area ubun-ubun.

Anda bisa menggunakannya sehari sekali. Dan ini merupakan metode aman selama anak Anda tidak menimbulkan reaksi alergi apapun.

  1. Mencuci Rambut Bayi

Menjaga kebersihan rambut merupakan salah satu metode untuk mengurangi munculnya cradle cap. Anda bisa menggunakan shampoo bayi biasa atau shampoo bayi khusus dermatitis seboroik namun penggunaannya harus sesuai anjuran dokter. Anda dapat mencuci rambut bayi Anda dengan cara:

  • Membasahi rambut dan kulit kepala.
  • Berikan shampoo ke kulit kepala.
  • Gosok lembut area cradle cap atau Anda juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya.
  • Bilas untuk membersihkan semua residu shampoo.

Anda juga bisa bertanya pada dokter, seberapa sering Anda harus mencuci rambut bayi. Karena terlalu sering bisa membuat kulit kepalanya kering dan membuat cradle capnya bertambah parah.

Anda bisa mencoba cara menghilangkan kerak di kepala bayi seperti diatas namun, pastikan Anda membersihkan kepala bayi Anda dengan lembut guna mencegah iritasi dan luka. Selamat mencoba.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*