Cara Merawat Vagina Longgar dengan Senam Kegel

  • January 10, 2022

Vagina longgar biasanya disebabkan oleh peregangan otot dasar panggul akibat proses melahirkan. Untuk membantu mengencangkan kembali otot-otot yang ada di dasar panggul, Anda bisa melakukan senam kegel.

Cara melakukan senam Kegel sama seperti ketika Anda sedang berusaha menahan buang air kecil. Pada awal latihan, lakukan secara perlahan-lahan dan hindari melakukan pengencangan lebih dari 10 detik. Ulangi sebanyak 10 kali dalam setiap set latihan. Senam Kegel dapat dilakukan sebanyak 4-6 set setiap hari.

Tak hanya mudah dilakukan dan bisa dilakukan di mana saja, senam Kegel juga dapat memberikan beragam manfaat. Gerakan dalam senam ini dapat mengencangkan otot panggul bawah, termasuk otot yang menyokong rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Meskipun disebut sebagai senam, sebenarnya senam Kegel adalah latihan untuk mengencangkan hanya otot panggul bawah Anda. Karena itu, badan dan anggota tubuh Anda yang lain tidak perlu ikut bergerak.

Otot panggul bawah terletak di area panggul (selangkangan), tepatnya yaitu otot yang digunakan untuk mengendalikan laju urine (air kencing).

Awalnya senam ini dikembangkan oleh seorang spesialis kandungan asal Amerika Serikat, yaitu dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an. Tujuan utamanya saat itu adalah untuk mengatasi masalah inkontinensia urine pada wanita yang baru saja melahirkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, senam ini telah banyak terbukti mampu mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan masalah mengenai vagina longgar. Oleh karena itulah saat ini, dokter kandungan atau ahli urologi di seluruh dunia sudah sering merekomendasikan senam Kegel sebagai perawatan rumah untuk berbagai kondisi kesehatan yang menyangkut organ reproduksi atau organ intim seseorang.

Jangan salah, senam ini juga tak cuma bermanfaat bagi wanita, namun juga untuk pria. Akan tetapi, cara melakukan senam Kegel pria dan senam Kegel wanita tentu berbeda. Lebih jelasnya soal senam otot panggul bawah dengan Kegel, baca terus informasinya berikut ini.

Senam Kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan fungsi dan kekuatan otot panggul bawah.

Senam Kegel sangat mudah dan praktis. Senam ini juga tidak pakaian khusus dan dapat dilakukan dengan posisi duduk atau berdiri. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam melakukan senam Kegel:

  • Identifikasi otot panggul bawah dengan cara menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah.
  • Jika Anda sudah dapat merasakan otot panggul, kencangkan otot dan tahan selama 5 detik, kemudian lemaskan otot kembali. Saat mengencangkan otot, tetaplah bernapas dengan santai dan hindari mengencangkan otot perut, paha, dan bokong.
  • Bila sudah terbiasa, Anda bisa meningkatkan durasi hingga 5–10 detik.
  • Atur napas dan lakukan dalam keadaan rileks. Senam Kegel setidaknya dilakukan 4–6 kali sehari.

Meski demikian, hindari melakukan gerakan ini untuk menahan kencing karena berisiko meningkatkan infeksi saluran kencing.

Anda tidak memerlukan waktu dan ruang khusus untuk melakukan senam Kegel. Olahraga ini bahkan dapat dilakukan ketika Anda sedang duduk sambil melakukan pekerjaan di kantor, menonton televisi, atau berdiri.

Manfaat senam Kegel dapat dirasakan dalam 3–6 minggu jika dilakukan secara rutin, permasalahan mengenai vagina longgar dapat teratasi. Namun, jika kondisi yang Anda alami tidak kunjung membaik setelah 4 minggu, sebaiknya periksakan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*