Yogurt untuk Ibu Hamil

Cara Tepat Mengkonsumsi Yogurt untuk Ibu Hamil

  • November 11, 2021

Di tengah masa kehamilan, Anda harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi. Yogurt termasuk sebagai salah satu camilan sehat yang banyak digunakan bagi anak-anak maupun orang dewasa, dan bisa juga diberikan pada ibu hamil. Supaya Anda bisa mendapatkan nutrisi dengan maksimal, Anda harus memahami cara tepat memakan yogurt untuk ibu hamil.

Jika sebelumnya Anda pernah mendengar mitos mengenai bahaya konsumsi yogurt di masa kehamilan, maka Anda perlu membaca informasi pada artikel ini untuk mengetahui keuntungan yogurt bagi kehamilan Anda. 

Bagaimana cara memakan yogurt untuk ibu hamil?

Perlu diketahui, yogurt termasuk sebagai camilan produk susu yang terbuat dari bahan dasar susu fermentasi. Bagi sebagian ibu hamil, produk susu dianggap bisa memicu gejala kehamilan yang semakin parah.

Tapi, Anda sebenarnya tetap bisa mengonsumsi yogurt dengan aman selama Anda tahu cara tepat untuk mamakannya. Berikut ini cara tepat memakan yogurt untuk ibu hamil:

  • Konsumsi sesuai kebutuhan asupan harian

Ada batas minimal dan maksimal jumlah yogurt yang perlu Anda konsumsi setiap harinya. Batas ini patut dijadikan acuan untuk memastikan Anda mengonsumsi yogurt dalam jumlah yang tepat, tidak kekurangan maupun kelebihan. 

Agar bisa mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan tubuh dari yogurt, Anda cukup mengonsumsi 600 gram yogurt setiap harinya. Anda tidak harus langsung memakan 600 gram tersebut di saat yang bersamaan, tetapi bisa dibagi ke dalam tiga kali konsumsi, masing-masing sekitar 200 gram. 

  • Pilih yogurt dari susu pasteurisasi

Susu pasteurisasi bukanlah susu mentah. Susu jenis ini telah dipanaskan dengan suhu tinggi. Ketika akan memakan yogurt, pastikan yogurt tersebut terbuat dari susu pasteurisasi, bukan susu sapi segar yang masih mentah. 

Susu yang masih mentah biasanya mengandung lebih banyak bakteri seperti salmonella, listeria, dan lain sebagainya. Ini yang biasanya membuat yogurt untuk ibu hamil menjadi berbahaya karena berisiko menyebabkan keracunan makanan dan ancaman serius bagi kehamilan.

  • Memilih jenis greek yogurt

Selain yogurt biasa, ada juga jenis yogurt yang cukup populer, yaitu greek yogurt. Greek yogurt merupakan yogurt dengan tekstur yang lebih kental dan mengandung kadar laktosa yang lebih rendah bila dibandingkan dengan yogurt biasa. 

Jika Anda ingin mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil, maka greek yogurt bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena, bukan hanya kaya akan nutrisi, jenis yogurt ini juga cenderung lebih rendah kalori. 

Perhatian ketika memakan yogurt saat hamil

Yogurt memang kaya akan nutrisi. Mengonsumsi yogurt di masa kehamilan pada dasarnya cukup aman, selama Anda mengonsumsinya dengan cara yang tepat seperti penjelasan di atas. 

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa yogurt yang dijual di pasaran umumnya telah ditambahkan dengan berbagai macam kandungan tambahan, salah satunya gula. Ini akan berdampak pada peningkatan kalori serta kadar gula darah Anda setelah mengonsumsi yogurt. 

Kadar gula yang terlalu tinggi tidak baik untuk wanita hamil, karena berisiko menyebabkan Anda mengalami diabetes gestasional, yaitu kondisi diabetes yang terjadi di masa kehamilan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari produk yogurt yang telah ditambahkan dengan perasa serta pemanis buatan.

Saat sedang hamil, tidak masalah jika Anda ingin mengonsumsi yogurt. Tapi, selalu perhatikan daftar komposisi dari produk yang akan dibeli. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*