Dijamin Manjur! Coba Minuman Penghilang Stres Berikut Ini

Dijamin Manjur! Coba Minuman Penghilang Stres Berikut Ini

  • January 22, 2021

Reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi tekanan, ancaman, serta perubahan adalah munculnya stres. Hal tersebut bisa dialami oleh semua orang. Stres juga mungkin terjadi akibat situasi atau pikiran yang menyebabkan seseorang merasa bersemangat, marah, gugup, atau putus asa. Stres sendiri bisa ditandai dengan beberapa respon fisik tubuh, seperti napas dan detak jantung yang menjadi cepat, tekanan darah meningkat, serta otot yang menjadi kaku. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa minuman penghilang stres berikut ini. 

  1. Cokelat hangat 

Minuman penghilang stres yang paling populer adalah cokelat hangat. Anda bisa mengonsumsi coklat hangat sebelum tidur atau pagi hari secara rutin untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, cokelat hangat bisa diberikan pada anak-anak untuk membantu meredakan stres yang mereka alami sebab rasanya yang manis dan nikmat. 

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan berupa asam amino L-theanine yang memberikan efek relaksasi. Saat Anda menghadapi hari yang buruk sehingga menimbulkan stres cobalah minum secangkir teh hijau. Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan dopamine dan serotonin yang bermanfaat untuk membantu melawan kecemasan. 

  1. Jus buah dan sayur

Jus buah dan sayur bisa menjadi minuman penghilang stres yang menyehatkan. Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur akan membantu tubuh mengatasi tekanan dan stres. Kerusakan sel akibat stres juga akan diatasi dengan kandungan antioksidan yang terdapat dalam jus buah. 

  1. Air kelapa

Air kelapa ternyata juga memberi manfaat berupa membantu menghilangkan stres. Air kelapa memiliki berbagai kandungan seperti magnesium, serat, vitamin C, riboflavin, kalsium, serta pangan dan mangan. Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur, terdapat manfaat selain menghilangkan stres yang bisa didapatkan seperti meningkatnya sirkulasi darah, kualitas tidur membaik, serta otot tubuh lebih rileks. 

  1. Susu hangat

Minuman penghilang stres lainnya adalah segelas susu hangat. Kandungan asam amino triptofan pada susu hangat akan membantu produksi serotonin. Dengan begitu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.  

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu minuman penghilang stres yang cukup ampuh. Jahe bahkan dianggap mampu meredakan stres dan kecemasan dengan tingkat efektivitas yang mirip dengan benzodiazepin. Dalam jahe terdapat senyawa bioaktif dan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi otak dari kerusakan oksidatif karena radikal bebas. 

  1. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga bisa dijadikan minuman penghilang stres. Meski lebih banyak orang memilih mengonsumsi jahe saat stres melanda, kunyit juga bisa menjadi pertimbangan, lho! Dalam kunyit terkandung senyawa kurkumin yang  membantu pengobatan depresi. Selain itu, kurkumin dalam kunyit tersebut juga berperan membantu meningkatkan dopamine dan serotonin dalam tubuh sehingga mampu memperbaiki mood seseorang. Penelitian juga mengatakan, bahwa kunyit memiliki tingkat efektivitas yang mirip dengan antidepresan. 

  1. Air putih

Mengonsumsi air putih secara cukup setiap hari merupakan hal penting. Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, air putih akan membantu Anda menjadi lebih fokus, aliran darah lancar, dan hormon endorfin tidak terhambat. Dengan mengonsumsi air putih maka stres yang dialami akan menjadi berkurang. 

Stres yang terjadi dalam jangka waktu panjang perlu mendapat penanganan khusus. Efek samping stres yang tidak kunjung diatasi dan terjadi dalam jangka waktu panjang yaitu terganggunya kesehatan fisik. Daya tahan tubuh pun dapat ikut menurun ketika seseorang mengalami stres berat dan berkepanjangan. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut mengenai cara mengatasi stres dengan bertanya langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*