Gejala dan Penyebab Morton’s Neuroma yang Perlu Diketahui

  • January 14, 2022

Morton’s Neuroma adalah suatu kondisi yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Rasa nyeri pada saraf kaki penderia Morton’s Neuroma biasanya akan sangat terasa saat sedang berjalan atau melangkah.

Karena sangat mengganggu, maka anda perlu berhati-hati dengan penyakit yang satu ini. Anda perlu mengetahui ada faktor penyebab apa saja yang bisa menimbulkan Morton’s Neuroma, sehingga anda sebisa mungkin dapat menghindari faktor pemicu penyakit ini.

Untuk memberikan informasi mengenai penyebab dan gejala Morton’s Neuroma, anda dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

Apa Saja Faktor Penyebab Morton’s Neuroma?

Secara umum, Morton’s neuroma muncul disebabkan oleh adanya iritasi, cedera, trauma saraf, atau tekanan pada saraf yang berada di area menuju jari-jari kaki. Dari beberapa faktor penyebab tersebut, dalam kehidupan sehari-hari penyebab Morton’s Neuroma bisa muncul dari hal-hal berikut.

  • Alas Kaki

Pemilihan alas kaki, seperti contohnya sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil dan sempit, bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya Morton’s Neuroma. Karena dari alas kaki yang sempit tersebut, jari-jari kaki menjadi lebih tertekan dan saraf-sarafnya tidak bisa leluasa bergerak.

Di samping itu, sepatu wanita dengan hak yang terlalu tinggi apabila digunakan terlalu sering dan dalam durasi waktu yang lama juga bisa menjadi faktor penyebab Morton’s Neuroma. Apalagi jika sepatu hak tinggi tersebut memiliki ujung yang kerucut atau menyempit di bagian jari-jari kakinya.

  • Jenis Olahraga

Faktor penyebab berikutnya yang bisa memicu munculnya Morton’s Neuroma adalah jenis olahraga yang dilakukan. Sebab beberapa jenis olahraga memiliki kostum dan perlengkapan yang agaknya kurang nyaman apabila digunakan dalam jangka waktu lama.

Misalnya, olahraga ski dan panjat tebing. Jika anda melakukan olahraga ini dalam intensitas tinggi, maka ada peluang kemungkinan terjadinya trauma yang berulang pada kaki dan dengan demikian memberikan tekanan pada saraf di jari-jari kaki. Jadi jika anda melakukan olahraga tersebut, perlu diperhatikan pula intensitas waktu atau durasi olahraga yang anda lakukan.

  • Permasalahan Khusus pada Kaki

Penyebab berikutnya dari Morton’s Neuroma adalah adanya permasalahan atau cacat kaki bawaan dari pasien. Contohnya, orang dengan hammer toes, bunion, atau telapak kaki yang terlalu datar dan terlalu melengkung, biasanya memiliki risiko Morton’s Neuroma yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain yang memiliki kondisi kaki normal.

Apa Saja Gejala Morton’s Neuroma?

Pada beberapa penderita Morton’s Neuroma, gejala yang dirasakan mungkin berbeda-beda. Meskipun demikian, gejala dari Morton’s Neuroma tidak akan jauh dari rasa nyeri pada kaki yang biasanya berupa efek seperti berjalan di atas bola kelereng, rasa nyeri seolah ada batu yang menyangkut pada bagian bawah kaki, serta rasa nyeri yang melekat pada bagian dekat pangkal jari-jari kaki.

Di samping itu, terdapat gejala atau tanda umum lainnya dari Morton’s Neuroma yang mungkin bisa anda rasakan, seperti:

  • Adanya rasa kesemutan di antara jari kaki ketiga dan jari kaki keempat. Semakin hari rasa kesemutan ini semakin berat dan memburuk.
  • Munculnya rasa terbakar pada daerah pangkal jari-jari dan lengkungan kaki sampai ke seluruh area jari-jari kaki. Rasa sakit terbakar ini bisa bertambah ketika kaki sedang diajak beraktivitas dengan mengenakan sepatu.
  • Jari kaki terasa mati rasa atau baal.

Nah, itu dia beberapa gejala dan faktor penyebab dari Morton’s Neuroma. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh dari ujung kaki sampai ujung rambut, ya!

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*