Glaukoma Sudut Terbuka Primer, Ini Faktor Risikonya

  • January 12, 2022

Tahukah Anda mengenai glaukoma sudut terbuka primer? Ya, jenis glaukoma memang ada beberapa. Salah satu jenis glaukoma yang paling umum dan rentan menimbulkan kebutaan jika tidak tertangani dini adalah glaukoma sudut terbuka primer. 

Glaukoma ini terjadi akibat meningkatkanya tekanan pada bola mata karena cairan mata yang menumpuk. Penumpukan ini sendiir terjadi karena adanya hambatan di sirkulasi pada bola mata penderita. Lama-kelamaan, glaukoma sudut terbuka primer akan memicu kerusakan mata yang progesif dan bisa berujung kebutaan jika tidak ditangani secepat mungkin. 

Banyak faktor risiko yang bisa membuat seseorang mengalami jenis glaukoma umum ini. Berikut adalah beberapa faktor risiko glaukoma sudut terbuka primer yang mesti Anda waspadai. Jika memilikinya, tidak ada salahnya selalu melakukan pengecekan kesehatan mata tiap tahun. 

Riwayat Keluarga 

Anda perlu mewaspadai kondisi kesehatan mata Anda apabila salah satu keluarga, entah itu orang tua ataupun saudara kandung, terkena glaukoma sudut terbuka primer. Pasalnya, riwayat keluarga sangat berpengaruh terhadap tingkat risiko penyakit mata yang satu ini. Orang-orang dengan keluarga yang mengalami glaukoma sudut terbuka primer biasanya cenderung lebih mudah mengalami penyakit yang disebabkan oleh penekanan bola mata secara berlebihan ini. 

Pertambahan Usia 

Glaukoma sudut terbuka primer umumnya diderita oleh orang tua. Ini karena faktor usia menjadi faktor risiko yang bisa menimbulkan penyakit ini. Semakin tua usia seseorang, semakin berisiko ia terkena glaukoma sudut terbuka primer. Karena alasan ini pula, pengecekan kesehatan mata pada orang-orang yang telah berusia lebih dari 30 tahun penting dilakukan tiap tahun untuk bisa mengecek ada tidaknya glaukoma sudut terbuka primer secara dini sehingga penanganan juga bisa segera dilakukan. 

Ras Tertentu 

Berdasarkan hasil penelitian, ras tertentu memiliki risiko terkena glaukoma sudut terbuka primer yang lebih besar daripada ras lainnya. Adalah orang-orang keturunan ras Afrika-Karibia yang lebih rentan mengalami penyakit mata ini dibandingkan ras Kaukasia. Orang-orang dengan keturunan ras Afrika-Karibia bahkan bisa mengalami glaukoma sudut terbuka primer dengan perkembangan yang sangat cepat. 

Kondisi Mata Rabun 

Apakah Anda memiliki kondisi mata rabun? Jika iya, berhati-hatilah sebab risiko mengalami glaukoma sudut terbuka primer menjadi lebih besar. Khususnya Anda yang menderita rabun jauh atau miopia, risiko mengalami glaukoma sudut terbuka primer menjadi lebih besar karena penekanan bola mata tidak sengaja Anda lakukan setiap kali hendak melihat lebih jelas tanpa bantuan kacamata yang pas. Lebih darpada itu, menurut sebuah penelitian, orang-orang dengan kondisi rabun jauh biasanya memiliki cacat bidang visual yang membuat proses glaukoma lebih mudah terjadi. 

Penipisan Kornea Mata 

Faktor risiko terbesar seseorang dapat mengalami glaukoma sudut terbuka primer adalah adalahnya penipisan korna mata atau selaput bening mata. Penipisan ini sebenarnya merupakan kecacatan di kornea mata yang memungkinkan cairan masuk lebih banyak dan merusak bola mata. Salah satu penyebab penipisan korna mata sendiri adalah kondisi rabun jauh. 

Kondisi Hipertensi 

Saat seseorang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, muncul peradangan di pembuluh darah sehingga membuat kondisi pembuluh menjadi menyempit. Penyempitan pembuluh ini juga bisa terjadi di jaringan mata. Ketika penyempitan terjadi, sirkulasi cairan mata bisa terhambat dan memicu penumpukan. Inilah awal mula terjadinya glaukoma sudut terbuka primer yang mesti Anda waspadai. 

Gula Darah Tinggi 

Bukan hanya penyakit darah tinggi, apabila Anda mengidap diabetes, Anda mesti bersiap dengan risiko glaukoma sudut terbuka primer yang lebih besar. Adanya gula darah yang terlalu tinggi bisa merusak saraf serta jaringan, tidak terkecuali di bagian mata. Karena alasa ini pula, banyak penderita diabetes yang berujung mengalami kebutaan karena penanganan glaukoma sudut terbuka primer yang terlambat. 

*** 

Waspadailah terhadap segala risik glaukoma sudut terbuka primer yang Anda punya. Konsultasi ke dokter diperlukan supaya kemungkinan mengalami glaukoma yang berujung kebutaan di kemudian hari dapat diminimalkan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*