Cara Perawatan Hemangioma pada Bayi

Cara Perawatan Hemangioma pada Bayi

  • May 20, 2021

Hemangioma pada bayi, atau hemangioma infantil, adalah pertumbuhan pembuluh darah non-kanker. Mereka adalah pertumbuhan atau tumor paling umum pada bayi-bayi. Mereka biasanya tumbuh untuk jangka waktu tertentu dan kemudian mereda tanpa pengobatan.

Mereka tidak menimbulkan masalah pada kebanyakan bayi. Namun, beberapa hemangioma bisa terbuka dan berdarah atau membusuk. Ini mungkin menyakitkan. Bergantung pada ukuran dan lokasinya, mereka mungkin menodai. Selain itu, mereka dapat terjadi dengan sistem saraf pusat atau kelainan tulang belakang lainnya.

Pertumbuhan juga dapat terjadi dengan hemangioma internal lainnya. Ini mempengaruhi organ dalam seperti:

  • hati
  • bagian lain dari sistem pencernaan
  • otak
  • organ sistem pernapasan

Hemangioma yang mempengaruhi organ biasanya tidak menimbulkan masalah.

Seberapa umum Hemangioma?

Hemangioma Infantil akan muncul kemungkinan dari setiap 100 bayi yang lahir, ada sekitar 4 hingga 5 bayi akan memilikinya. Hemangioma Infantil ini akan lebih sering terjadi pada bayi yang berkulit putih. Kemudian, Hemangioma Infantil ini akan lebih sering muncul pada bayi perempuan dibandingkan pada bayi laki-laki. Lalu juga, akan muncul hemangioma Infantil ini pada bayi yang prematur cenderung lebih memiliki risiko yang tinggi mengalami hemangioma Infantil ini. 

Masalah apa yang dapat disebabkan oleh hemangioma Infantil, dan kapan harus dirawat?

Sebagian besar hemangioma Infantil hilang dengan sendirinya selama beberapa tahun tanpa masalah. Namun, dapat menyebabkan masalah dalam beberapa kasus.

Hemangioma Infantil dapat meninggalkan bekas luka atau kulit ekstra pada beberapa bayi.

 Jika hemangioma pada bayi Anda berada di tempat yang terlihat, seperti di wajah, bicarakan dengan dokter untuk perawatan kesehatan bayi Anda tentang apakah Anda harus mempertimbangkan pengobatan.

Terkadang, hemangioma Infantil bisa melepuh (memborok) atau terinfeksi. Hemangioma Infantil yang terinfeksi dapat terasa sakit dan dapat meninggalkan bekas luka yang lebih parah.

Tanda-tanda hemangioma Infantil yang terinfeksi mungkin termasuk nyeri, kemerahan, pengerasan kulit, keluarnya cairan, atau bau tak sedap yang berasal dari hemangioma Infantil. Hubungi dokter perawatan kesehatan bayi Anda jika bayi Anda mengalami gejala-gejala ini.

Hemangioma Infantil di dekat mata, hidung, atau mulut dapat menyebabkan masalah dengan penglihatan, pernapasan, atau makan. Masalah ini jarang terjadi tetapi mungkin permanen jika IH tidak ditangani lebih awal. Untuk hemangioma Infantil yang lebih parah ini, dokter kesehatan bayi Anda dapat mengirim bayi Anda ke spesialis.

Jika hemangioma Infantil bayi Anda tidak mulai menyusut dan hilang dengan sendirinya, bicarakan dengan profesional perawatan kesehatan bayi Anda tentang apakah perawatan mungkin diperlukan.

Bagaimana hemangioma pada bayi berkembang?

Di kulit

Hemangioma pada kulit berkembang ketika ada proliferasi pembuluh darah yang tidak normal di satu area tubuh.

Para ahli tidak yakin mengapa pembuluh darah berkelompok seperti ini, tetapi mereka yakin itu disebabkan oleh protein tertentu yang diproduksi di plasenta selama kehamilan saat Anda berada di dalam rahim.

Hemangioma pada kulit bisa terbentuk di lapisan atas kulit atau di lapisan lemak di bawahnya, yang disebut lapisan subkutan. Pada awalnya, hemangioma mungkin tampak seperti tanda lahir merah di kulit. Perlahan, itu akan mulai menonjol ke atas dari kulit. Namun, hemangioma biasanya tidak muncul saat lahir.

Di hati

Hemangioma hati terbentuk di dalam dan di permukaan hati. Ini bisa berhubungan dengan hemangioma infantil, atau bisa juga tidak berhubungan. Hemangioma hati non-infantil dianggap sensitif terhadap estrogen.

Selama menopause, banyak wanita diresepkan estrogen pengganti untuk meminimalkan gejala yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen alami mereka.

Estrogen yang berlebihan ini dapat memacu pertumbuhan hemangioma hati. Demikian pula, kehamilan dan terkadang pil kontrasepsi oral dapat meningkatkan ukuran hemangioma.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*