Ketahui Manfaat Asupan Kalsium untuk Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Asupan Kalsium untuk Ibu Hamil

  • November 11, 2021

Asupan kalsium untuk ibu hamil sangat penting untuk dipenuhi. Hal ini karena saat Anda sedang hamil, bayi yang ada dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, serta untuk perkembangan organ penting seperti jantung, saraf, dan otot yang sehat.

Tidak hanya itu, selama Anda hamil kalsium juga bermanfaat untuk tubuh Anda. Jika Anda tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup selama hamil terutama pada trimester ketiga, bayi Anda akan mengambil kalsium dari tulang Anda yang dapat mengganggu kesehatan Anda serta meningkatkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Berapa Banyak Asupan Kalsium yang Dibutuhkan

Asupan kalsium untuk ibu hamil yang direkomendasikan sama seperti sebelum kehamilan, yaitu 1000 mg sehari untuk Anda yang masih berusia 19 hingga 50 tahun dan 1300 mg sehari untuk remaja atau mereka yang telah berusia di atas 51 tahun. Namun, kebanyakan wanita tidak mendapatkan hampir cukup kalsium yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri untuk memenuhi kalsium dalam makanan bahkan sebelum Anda hamil. 

Anda bisa mengusahakan untuk mendapatkan 3 cangkir susu atau makanan kaya kalsium lainnya dalam sehari. Tidak hanya itu, setelah bayi Anda lahir Anda juga harus tetap memenuhi asupan kalsium Anda. Anda tetap membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan tulang di kemudian hari.

Makanan yang Mengandung Kalsium

Untuk memenuhi asupan kalsium harian Anda, Anda bisa mengonsumsi produk susu karena merupakan sumber kalsium terbaik. Susu rendah lemak, yoghurt rendah lemak, dan keju yang mengandung nutrisi seperti kalsium dalam bentuk yang lebih mudah saat diserap oleh tubuh Anda. Tidak hanya itu, makanan tersebut juga disertai dengan nutrisi penting lain yang dipercaya baik untuk tulang dan gigi seperti fosfor, vitamin D, magnesium, dan protein.

Tidak hanya itu, Anda juga mengambil sumber kalsium baik lainnya untuk mengganti susu seperti susu kedelai atau almond, udang, ikan sarden, buah-buahan kering, almond, dan sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan sayuran kangkung keriting.

Suplemen Kalsium Selama Hamil

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan menerapkan pola makan yang seimbang, namun tetap dirasa Anda tidak mendapatkan jumlah kalsium harian yang disarankan, Anda bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan saran mengenai suplemen kalsium secara terpisah. Namun, perlu diingat sebelum mengonsumsi suplemen perlu diingat bahwa vitamin prenatal dapat mengandung sejumlah kalsium yang bervariasi yang menyediakan kalsium sebesar 100 hingga 200 mg. Tubuh Anda paling baik menyerap kalsium dalam dosis kurang dari 500 mg kalsium sekaligus. Oleh karena itu, mungkin Anda hanya perlu mengonsumsi kalsium tambahan dalam dosis kecil beberapa kali sehari.

Selain itu, pastikan tubuh Anda memiliki asupan vitamin D yang cukup untuk menyerap kalsium dalam diet kehamilan Anda. 

Asupan kalsium untuk ibu hamil biasanya datang dalam berbagai bentuk, seperti kalsium karbonat dan kalsium sitrat. Kalsium karbonat adalah kalsium paling banyak akan tetapi dibutuhkan ekstra asam lambung untuk membantu melarutkannya. Oleh karena itu, suplemen kalsium karbonat sebaiknya dikonsumsi bersama makanan.

Sedangkan kalsium berbentuk kalsium sitrat paling mudah diserap oleh tubuh, karena jenis kalsium ini tidak memerlukan asam lambung untuk penyerapan dan dapat dikonsumsi di antara waktu makan. Suplemen kalsium ini juga dapat digunakan sebagai alternatif bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat mulas untuk mengatasi asam lambung.

Saat mencari suplemen kalsium untuk ibu hamil, cobalah cari suplemen dengan label USP pada label, karena menunjukkan bahwa suplemen tersebut mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup, bisa larut dengan baik, bebas dari timbal dan logam beracun lainnya. Hindari mengonsumsi suplemen kalsium yang mengandung tepung tulang dan cangkang tiram atau koral karena dapat mengandung timbal yang berbahaya bagi pertumbuhan bayi Anda.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*