Perhatikan Cara Merawat dan Risiko Melakukan Keriting Bulu Mata

Keriting Bulu Mata: Perhatikan Cara Merawat dan Risiko Melakukan

  • October 29, 2021

Untuk mempercantik penampilan, maka banyak wanita akan melakukan dan mengikuti apa yang sedang banyak digunakan, termasuk salah satunya keriting bulu mata.

Setelah sebelumnya eyelash extension banyak digemari, maka timbulah cara mempercantik bulu mata yang lainnya, yakni dengan keriting bulu mata. Treatment ini biasanya dilakukan di salon atau klinik kecantikan.

Apa itu keriting bulu mata?

Keriting bulu mata adalah salah satu tren kecantikan yang bermula dari beberapa negara di Eropa. Perawatan ini merupakan akan menggunakan pelentik bulu mata sehingga pada hasil akhirnya, bulu mata akan terlihat lentik dan panjang. 

Hal ini sangat berguna untuk mempersingkat proses makeup Anda karena tidak perlu lagi menjepit bulu mata, dan membuatnya terlihat lebih natural. 

Proses keriting bulu mata

Proses pengeritingan bulu mata akan dimulai dengan melapisi bulu mata dengan perekat khusus. Kemudian, dilentikkan dengan menggunakan rol mini atau klip pemanas. Cara ini dimaksudkan agar bulu mata tertahan dengan posisi melengkung.

Tahap selanjutnya adalah menambahkan gel pengeriting bulu mata. Bulu mata aka ditutup dengan plastik wrap terlebih dahulu lalu memakaikan gel pada tiap helai bulu mata dengan menggunakan sikat kecil, dan didiamkan selama 5 menit.

Setelah kering dan menjadi keriting, maka cairan penetralisir perlu diberikan untuk membersihkan dari sisa obat pengering. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Hasil dari perawatan ini akan bertahan selama kurang lebih 2 bulan bila dirawat dengan baik. Maka dari itu, inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga hasil tersebut tetap tahan lama.

Cara merawat keriting bulu mata

Setelah 24-48 jam pemasangan, maka Anda harus melakukan beberapa cara di bawah ini agar keriting bulu mata Anda tidak rusak dan membuatnya tahan lama.

1. Jangan mengusap atau mengucek mata

Pastikan Anda menghindari kegiatan reflek yang satu ini setelah selesai keriting bulu mata, agar perawatan yang sudah Anda lakukan tidak sia-sia.

2. Hindari membasuh area mata

Pada 24 jam pertama selesai perawatan, maka Anda dianjurkan untuk menghindari penggunaan air pada area yang dilakukan perawatan ini. 

3. Jangan memakai produk dengan kandungan keras di area mata

Anda harus melewatkan bagian mata pada saat melakukan rutinitas skincare karena dikhawatirkan akan membuat bulu mata Anda rusak.

4. Hindari penggunaan eye makeup

Selama seharian setelah melakukan perawatan ini, Anda harus menghindari penggunaan eyeliner, maskara, eyeshadow, dan juga bulu mata palsu. Sabarlah dalam menunggu proses ini agar selanjutnya Anda tidak perlu lagi melakukan proses eye makeup yang panjang karena bulu mata Anda telah lentik.

5. Hindari penggunaan waterproof maskara

Walaupun sudah terlihat lentik, ada kalanya Anda memilih untuk tetap menggunakan maskara agar bulu mata terlihat lebih tebal. Namun, pilihlah produk maskara yang tidak waterproof karena akan menyulitkan dalam proses pembersihan, sehingga bisa membuat hasil dari perawatan ini tidak tahan lama. 

Jadi, itulah hal yang perlu diperhatikan ketika Anda melakukan perawatan ini. Namun, ada hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan perawatan kecantikan tersebut.

Risiko melakukan keriting bulu mata

Meskipun dapat memperindah penampilan Anda menjadi lebih cantik, akan tetapi Anda juga perlu mengetahui dan mengawasi risiko perawatan kecantikan tersebut.

1. Iritasi kulit dan mata

Iritasi kulit di sekitar mata bisa saja terjadi karena adanya penggunaan bahan kimia pada gel pengeriting yang menempel pada kulit. Jika itu terjadi, maka kulit akan terasa gatal, timbul kemerahan, hingga melepuh.

Sedangkan iritasi mata sangat mungkin terjadi apabila obat tersebut masuk ke dalam mata. Mata Anda akan terasa panas bahkan bisa menimbulkan luka.

2. Kerontokan bulu mata

Bahan kimia yang terdapat pada produk obat ini bisa memicu kerontokan bulu mata bila bahan tersebut atau teknik pengeritingan yang salah. Kerontokan bulu mata ini memang bersifat sementara, akan tetapi hasil perawatan ini menjadi tidak maksimal. 

Itulah penjelasan singkat mengenai perawatan ini yang bisa Anda pertimbangkan, mulai dari cara merawat hingga risiko yang bisa terjadi. Lakukanlah keriting bulu mata dengan orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut agar dapat meminimalisir terjadinya efek samping.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*