Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Iritasi Kulit Pada Bayi

  • December 29, 2021
Iritasi kulit bisa muncul secara tiba-tiba tanpa Anda sadari

Tidak hanya orang dewasa, bayi pun sangat rentan mengalami iritasi kulit. Ini bisa terjadi karena kulit bayi masih sangat rentan dan juga sensitif terhadap benda-benda yang ada di sekitarnya.

Menurut sebuah jurnal, kulit bayi mengandung lemak lebih rendah jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa akan tetapi memiliki kadar air yang lebih tinggi. Selain itu, lembutnya kulit bayi juga disebabkan karena stratum korneum yang lebih tipis, sehingga bagian epidermis dan dermis juga lebih tipis dibandingkan kulit orang-orang dewasa.

Maka dari itu, ketika bayi mengalami iritasi kulit, Anda harus mengetahui apa saja penyebab, gejala, dan bagaimana cara menanganinya.

Penyebab iritasi kulit bayi

Ada banyak hal yang bisa memicu timbulnya iritasi pada kulit sensitif bayi, beberapa di antaranya:

  1. Produk yang digunakan

Bagi bayi yang memiliki kulit sangat sensitif, kandungan pewangi dan pengawet pada produk yang digunakan bisa memicu timbulnya iritasi. Mulai dari sabun, tisu basah, parfum, hingga pelembap kulit bayi harus Anda perhatikan sebab itulah penyebab paling umum kulit anak menjadi iritasi.

  1. Tidak menjaga kebersihan bayi

Sama halnya dengan orang dewasa, ketika tidak menjaga kebersihan maka bisa menimbulkan permasalahan kulit, salah satunya iritasi.

Jadi, pastikan bahwa bayi Anda selalu dalam keadaan bersih, seperti rutin menggantikan baju dan popoknya, membersihkan badan hingga ke bagian lipatan-lipatan badan, dan lainnya.

  1. Riwayat alergi

Apabila salah satu keluarga bayi memiliki riwayat alergi, maka ada kemungkinan bahwa kulit sensitif dan mudah terkena alergi bayi berasal dari hal tersebut. Jika iritasi kulit terjadi karena hal ini, maka Anda harus melakukan tes darah untuk mengetahui zat alergen apa saja yang harus dihindari oleh ibu menyusui dan bayi.

Gejala iritasi pada bayi

Gejala iritasi kulit pada bayi sangatlah mudah dilihat karena pada umunya bayi akan menunjukkan rasa tidak nyaman ketika iritasi terjadi. Inilah gejala yang mungkin dialami bayi Anda.

  • Munculnya area kemerahan
  • Muncul bercak atau bintik-bintik merah di kulit 
  • Kulit menjadi kering dan bersisik
  • Bayi merasa gatal dan terus mencoba untuk menggaruknya

Jika gejala-gejala ruam tidak Anda atasi segera mungkin, maka kondisi tersebut bisa menjadi lebih serius hingga membuat kuli bayi Anda melepuh.

Cara mengatasi iritasi pada bayi

Ada beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan ketika bayi mengalami iritasi kulit, yaitu:

  1. Hindari pemicu iritasi

Seperti yang sudah diketahui bahwa ada banyak hal yang dapat memicu bayi mengalami iritasi kulit. Maka, dengan Anda mengetahui penyebab utama dan menghindarinya akan mencegah iritasi menjadi semakin parah.

Jika iritasi kulit bayi disebabkan karena kandungan bahan kimia dari pembersih yang Anda gunakan, Anda bisa mengantinya dengan produk khusus bayi yang sudah teruji hipoalergenik.

  1. Menggunakan pelembap

Saat iritasi terjadi, maka area kulit akan terasa kering dan juga gatal. Oleh karena itu, oleskanlah pelembap hipoalergeniik setiap kali bayi selesai dimandikan. Dengan menjaga kelembapan pada area iritasi kulit tersebut, maka akan mempercepat proses penyembuhannya.

  1. Gunakan obat antihistamin

Penggunaan obat antihistamin topikal disarankan apabila iritasi kulit tak juga mereda. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu Anda sudah melakukan dengan dokter terkait penggunaan obat tersebut dan kondisi bayi Anda. Sebab bagaimanapun tidak boleh menggunakan sembarang obat untuk buah hati Anda.

  1. Selalu jaga kebersihannya

Menjaga kebersihan memang menjadi cara paling ampuh untuk menghindari sekaligus mengobati iritasi. Untuk bayi, rutinlah mengganti popok agar kulit bayi tidak lembap oleh urin terlalu lama.

Gantilah bajunya ketika bayi mengeluarkan banyak keringat, sebab keringat juga menjadi salah satu pemicu munculnya iritasi kulit. Tidak ketinggalan pula untuk selalu membersihkan kuku dan telinganya secara rutin.

Mulai dari kandungan produk, bahan baju, hingga jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu sangatlah mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Iritasi kulit memang sangat umum terjadi pada bayi, akan tetapi menghindari penyebabnya akan jauh lebih baik agar bayi tetap merasa nyaman.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*