Khawatir Sakit Dada Sebelah Kanan? Umumnya Bukan Karena Jantung

  • October 28, 2021

Sakit dada kerap dikaitkan dengan adanya masalah jantung. Padahal, tidak semua jenis sakit dada menandakan jantung Anda dalam situasi yang tidak baik. Khususnya ketika Anda mengalami sakit dada sebelah kanan, umumnya hal tersebut lebih mengarah ke masalah pencernaan maupun ketegangan otot. 

Walaupun sakit dada sebelah kanan yang Anda rasakan bukan mengarah ke gejala penyakit jantung, memahami mengenai tanda-tanda masalah kardiovaskular sangat penting dilakukan. Bagaimanapun, penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia terkait kematian akibat penyakit tidak menular. 

Berikut ini adalah beberapa gejala umum yang biasanya akan dialami oleh penderita penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner, aritmia, maupun masalah jantung lainnya. Anda baru patut khawatir apabila sakit dada sebelah kanan Anda diikuti oleh beberapa gejala di bawah ini. 

Nyeri dada tengah sampai ke punggung dapat disebabkan banyak penyakit.

Lebih Mudah Lelah 

Lelah sebenarnya merupakan hal yang wajar dialami tiap orang, apalagi jika sehabis berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun, Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan apabila terlalu sering lelah. Bisa jadi ini mengarah ke penyakit serius, seperti penyakit jantung, asma, maupun masalah kesehatan lainnya. 

Napas Pendek 

Napas yang pendek-pendek bukan hanya dirasakan oleh penderita penyakit saluran pernapasan, seperti asma, bronkitis, maupun pneumonia. Napas yang pendek-pendek dapat pula menjadi gejala penyakit jantung. Kondisi ini terjadi karena jantung tidak mampu memompa darah secara maksimal dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Jadi, aliran oksigen yang terbawa oleh aliran darah pun tidak bisa dengan lancar memenuhi kebutuhan saluran pernapasan. 

Nyeri Dada 

Nyeri dada atau sakit dada memang merupakan gejala khas dari penyakit jantung, mulai dari penyakit jantung koroner, aritmia, gagal jantung, sampai serangan jantung. Alih-alih sakit dada sebelah kanan, umumnya penderita penyakit jantung justru merasakan nyeri dada sebelah kiri yang menjalar sampai ke punggung. Dalam beberapa kasus memang didapati sakit dada sebelah kanan yang mengarah ke penyakit jantung, namun biasanya itu menandakan kerusakan jantung bagian katup kanan sudah sangat parah dan diikuti terlebih dahulu dengan gejala kritis lainnya. 

Gangguan Pencernaan 

Jangan remehkan apabila Anda kerap mengalami gangguan pencernaan. Soalnya, salah satu gejala dari penyakit jantung sendiri adalah munculnya gangguan pencernaan yang menimbulkan sensasi terbakar di perut sampai dada. Masalah pencernaan ini kerap dianggap hanya gejala maag sehingga terlambat ditangani. 

Detak Jantung Cepat 

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter apabila merasakan degup jantung yang begitu cepat, padahal Anda tidak baru selesai berolahraga. Detak jantung yang cepat dan cenderung tidak beraturan menjadi gejala penyakit jantung yang sulit terelakkan.

Kerap Alami Kram Betis 

Kram terjadi karena adanya ketidak lancaran pada peredaran darah. Anda patut berhati-hati apabila cenderung mengalami kram, khususnya di bagian betis hingga memiliki perasaan yang sangat mencekam. Ini bisa menjadi penanda kuat adanya masalah di bagian pembuluh darah arteri yang mengarah ke jantung. 

Sakit di Bagian Lengan 

Selain sakit dada, gejala penyakit jantung lainnya yang cukup akurat adalah munculnya nyeri di bagian lengan. Lagi-lagi, lengan bagian kirilah yang kerap menjadi penanda masalah di jantung Anda. Biasanya, nyeri lengan akan menjalar sampai ke bagian leher. 

Pergelangan Kaki Bengkak 

Satu lagi tanda nyata yang bisa menjadi gejala penyakit jantung adalah munculnya pembengkakan di bagian pergelangan kaki. Pembengkakan itu dapat terjadi karena terlalu banyaknya cairan di organ jantung Anda, yang dalam kata lain bisa menandakan tidak lancarnya peredaran darah dari dan ke jantung. Namun harus diingat pula, tidak jarang pergelangan kaki bengkak mengarah pada kondisi penyakit lain, seperti serangan asam urat ataupun tekan darah tinggi. 

Jadi, jangan terburu-buru panik ketika mengalami sakit dada sebelah kanan, ya. Jika memang Anda masih khawatir bahwa kondisi tersebut mengarah ke penyakit jantung, berkonsultasi ke dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sangat disarankan.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*