Tenaga medis sudah memberi peringatan soal metode lotus birth sejak 2008

6 Fakta Mengejutkan dari Lotus Birth

  • June 23, 2021

Banyak metode melahirkan belakangan yang terlihat unik dan membuat Anda mungkin penasaran. Mulai dari metode hipnosis positif seperti hypnobirthing sampai metode lotus birth kerap menjadi perbincangan dengan segala pro dan kontranya. 

Dari berbagai metode melahirkan yang belakangan mencuat, lotus birth tidak kalah menarik perhatian karena tergolong metode persalinan yang cukup ekstrem. Jika Anda pernah mendengar mengenai metode melahirkan ini, Anda dijamin akan penasaran, namun takut untuk mencobanya di saat yang bersamaan. 

Ketakutan dan penasaran tersebut terpicu oleh uniknya metode persalinan yang satu ini. Penasaran mengenai lotus birth secara lebih dalam? Berikut ini adalah beberapa faktanya bagi Anda sebagai bahan pertimbangan untuk memilih metode ini atau tidak dalam proses melahirkan Anda. 

Pertimbangan lotus birth untuk persalinan

Tidak Memotong Tali Pusar 

Inti dari metode lotus birth adalah proses persalinan di mana tidak ada pemotongan tali pusar ketika bayi dilahirkan. Pada metode konvensional, tali pusar yang tidak lain merupakan plasenta bisa dipotong kurang dari 10 detik pasca melahirkan. Namun World Health Organization sendiri menganjurkan, pemotongan tali pusar atau plasenta sebaiknya ditunda sekitar 10-30 menit dari waktu melahirkan. Namun pada lotus birth, pemotongan plasenta ditiadakan. Plasenta dibiarkan terus menggantung PADA bayi sampai akhirnya terlepas secara alami. Ritual ini dipercaya mampu membuat bayi lebih tenang. 

Risiko Infeksi Lebih Besar 

Sebagian pelaku persalinan lotus birth merasa bayi mereka lebih tenang dengan masih adanya plasenta yang menggantung sampai beberapa hari. Namun terkait hal ini, kewaspadaan perlu ditingkatkan. Masalahnya, plasenta yang tidak dipotong dan disterilkan bisa memberikan risiko infeksi ke bayi yang lebih besar. Waspadai jika bayi mengalami demam tinggi ataupun menguning karena inilah yang umumnya terjadi pada bayi-bayi yang dilahirkan dengan metode lotus birth. 

Jadi Sorotan Medis 

Metode lotus birth mencuat beberapa tahun belakangan ini. Namun sebenarnya, pengaplikasian metode melahirkan tanpa memotong tali pusat tersebut sudah berlangsung cukup lama. Buktinya saja, para profesional perawatan kesehatan di seluruh dunia telah menyorot praktik lotus birth sejak tahun 2008. Di mana mereka memberi peringatan keras akan praktis pembiaran plasenta yang tidak dipotong pasca melahirkan. Dinilai metode ini tidak bisa memberikan manfaat yang nyata bagi bayi, justru melahirkan risiko infeksi yang besar. 

Manfaat untuk Bayi Prematur 

Praktis melahirkan secara lotus birth memang menyimpan risiko besar. Namun dalam sebuah penelitian, pembiaran plasenta lebih lama sebelum akhirnya dipotong atau dilepas setidaknya berguna untuk bayi prematur. Pasalnya, penundaan pelepasan plasenta dapat meningkatkan kadar zat besi dan hemoglobin pada bayi baru lahir. Ini tentunya sangat baik untuk bayi prematur yang cenderung memiliki hemoglobin yang rendah. Namun patut diingat, manfaat ini lebih diarahkan ke penundaan pelepasan atau pemotongan, bukan  pada pembiaran plasenta untuk menggantung terus-menerus. 

Pilihan Langka 

Anda mungkin akan sulit menemukan fasilitas kesehatan yang memiliki fasilitas untuk Anda melakukan lotus birth. Pasalnya, metode melahirkan yang satu init tergolong jarang dipilih sehingga sangat jarang pula fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan untuk metode ini. Di samping memang adanya peringatan dari tenaga medis profesional mengenai bahaya lotus birth membuat metode melahirkan yang satu ini semakin langka menjadi pilihan para ibu untuk persalinan. 

Riset Belum Memadai 

Pro dan kontra terkait persalinan menggunakan metode lotus birth masih sering terjadi sampai saat ini. Namun uniknya, riset mengenai metode melahirkan yang satu ini juga sangat dilakukan untuk mendapatkan fakta ilmiah yang lebih dipercaya. Riset yang belum memadai inilah yang membuat kebenaran mengenai manfaat ataupun risiko terkait lotus birth seakan masih simpang siur. 

*** 

Jadi, apakah metode melahirkan secara lotus birth masih masuk dalam daftar rencana metode-metode persalinan yang mau Anda coba? Pertimbangkan dan konsultasikan dengan dokter secara lebih mendalam, ya.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*