Manfaat Kondom Wanita untuk Kesehatan Reproduksi

Manfaat Kondom Wanita untuk Kesehatan Reproduksi

  • October 22, 2021

Selama ini kita lebih mudah menemukan produk kondom pria di pasaran. Tapi kamu tahu gak kalau ada kondom khusus wanita? Manfaat kondom ini juga tak kalah banyak lho.

Jenis kondom yang satu ini memang tidak terlalu populer. Namun, penggunaannya juga bisa berdampak positif pada kesehatan reproduksi.

Untuk mengetahui lebih jauh soal kondom wanita, mulai dari seperti apa bentuknya, dan apa kegunaannya, simak artikel ini hingga akhir ya!

Mengenal kondom wanita

Jadi kita harus mengenal dulu kalau di luar sana ada 2 jenis kondom, yaitu:

  • Kondom eksternal: digunakan pada penis dan umum disebut dengan kondom untuk pria
  • Kondom internal: digunakan di dalam vagina dan umum disebut dengan kondom wanita

Sesuai namanya yaitu kondom internal, jadi penggunaan kondom wanita harus dimasukkan ke dalam vagina. Bentuknya menyerupai sebuah selubung dengan kedua ujung terbuka.

Cara kerja kondom wanita

Kondom wanita digunakan untuk mencegah sperma masuk kedalam rahim dan membuahi sel telur. Sehingga kehamilan bisa dicegah.

Kondom wanita harus digunakan sebelum terjadi kontak dengan penis. Sebab air mani masih bisa keluar dari penis bahkan sebelum terjadinya orgasme.

Jadi untuk memastikan sperma tidak mencapai rahim, kamu harus menggunakannya sebelum melakukan seks.

Manfaat kondom wanita

Sama dengan kondom pria, penggunaan kondom wanita juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu dan pasangan kamu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mencegah penyakit menular seksual

Menggunakan kondom wanita bisa mencegah terjadinya penularan penyakit dan infeksi menular seksual dari kamu atau pasangan.

Termasuk juga infeksi virus HPV yang menjadi faktor pemicu kanker serviks. Selain itu kondom wanita juga bisa mencegah penularan klamidia, HIV, gonore, dan penyakit menular seksual lainnya.

2. Tidak mengandung latex 

Jika kamu atau pasangan pria kamu memiliki alergi terhadap bahan latex, maka penggunaan kondom wanita ini bisa jadi pilihan aman.

Umumnya kondom wanita terbuat dari bahan plastik lembut bernama nitrile. Bahan ini sangat lembut di kulit dan tergolong hypoallergenic. Hal ini membuat kondom wanita sangat minim menimbulkan efek samping pada penggunanya.

3. Efektif cegah kehamilan

Manfaat kondom wanita yang selanjutnya adalah efektif digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Kondom wanita sangat mudah diakses, murah, mudah digunakan, dan pastinya bisa cegah penularan penyakit. Jadi jika mencari kontrasepsi yang aman dan nyaman, kondom wanita bisa jadi opsi.

4. Lebih nyaman

Selain itu penggunaan kondom wanita juga lebih nyaman saat berhubungan seksual. Ukuran internal kondom umumnya lebih besar dari kondom pria.

Hal ini bisa memberikan ruang lebih besar untuk penis dan sebagian orang merasa ini lebih nyaman ketimbang kondom pria yang biasanya sangat ketat.

5. Meningkatkan kenikmatan seksual

Penggunaan kondom wanita juga memberikan pengalaman baru dalam berhubungan seksual bagi kamu dan pasangan lho.

Selama hubungan seks vaginal, cincin kondom bagian dalam dapat merangsang ujung penis. Dan cincin bagian luar akan bergesekan dengan vulva dan klitoris. 

Hal ini membuat penggunaan kondom wanita menguntungkan kedua belah pihak dan membuat hubungan seks lebih baik.

Kondom wanita memang relatif lebih mahal dan lebih sulit ditemukan ketimbang kondom pria. Namun, jika kamu sedang mencari opsi kontrasepsi lain yang aman dengan pengalaman berbeda, kamu bisa mencarinya di pusat kesehatan terdekat.

Itu dia sedikit rangkuman terkait manfaat kondom wanita. Semoga bermanfaat, ya!

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*