Pencegahan dan Pengobatan Diabetes Melitus

  • January 6, 2022

Diabetes adalah beberapa jensi penyakit yang melibatkan gangguan pada hormon insulin. Dalam kondisi normal, pankreas (sebuah organ di belakang lambung) melepaskan insulin untuk membantu tubuh anda menyimpan dan menggunakan gula dan lemak dari makanan yang Anda konsumsi. Diabetes dapat terjadi ketika pankreas memproduksi insulin dalam jumlah sangat sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Diabetes juga dapat terjadi ketika tubuh tidak memberikan respon terhadap insulin dengan baik. Tidak ada obat untuk kondisi ini.  Pengobatan diabetes melitus lebih berfokus pada mengontrol penyakit agar Anda tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal. 

Pencegahan lebih baik dibandingkan pengobatan diabetes melitus. Namun, seseorang tidak dapat mencegah diabetes tipe 1. Namun ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mencegah diabetes tipe 2. Beberapa cara untuk membantu mencegah diabetes tipe 2 di antaranya adalah menjaga berat badan yang sehat, mengonsumsi makanan yang seimbang dan rendah gula tambahan, lemak jenuh, dan makanan olahan, serta berolahraga dengan rutin. Untuk mengurangi risiko menderita diabetes gestasional, calon ibu harus menjaga berat badan yang sehat sebelum hamil. Meskipun langkah-langkah tersebut dapat membantu, penting untuk diketahui bahwa beberapa orang masih dapat menderita diabetes tipe 2 ataupun diabetes gestasional. 

Dokter hingga saat ini masih belum  tahu secara pasti apa yang menjadi penyebab penyakit diabetes tipe 1. Akan tetapi, resistensi insulin, yang dapat mengakibatkan diabetes tipe 2, memiliki penyebab yang lebih jelas. Insulin dapat membuat glukosa dari makanan yang Anda konsumsi untuk menilai sel-sel dalam tubuh sebagai pasokan energi. Resistensi insulin biasanya disebabkan karena beberapa siklus berikut ini, seperti: 

  • Seseorang memiliki gen atau lingkungan yang membuatnya tidak mampu memproduksi cukup insulin untuk mencakup sebarapa banyak glukosa, atau gula, yang ia makan. 
  • Tubuh mencoba untuk membuat ekstra insulin untuk memproses gula darah berlebih. 
  • Pankreas tidak dapat memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, dan gula darah berlebih mulai bersirkulasi di dalam darah, menyebabkan kerusakan.
  • Seiring dengan berjalannya waktu, insulin menjadi kurang efektif dalam mengenalkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh, dan level gula darah terus menerus naik. 

Dengan diabetes tipe 2, resistensi insulin terjadi secara perlahan. Karena alasan inilah pengobatan diabetes melitus salah satunya adalah melakukan perubahan gaya hidup sebagai upaya untuk memperlambat atau membalikkan siklus. 

Jika diagnosis dokter menyatakan seseorang menderita diabetes, mereka akan merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk mendukung manajemen berat badan dan kondisi kesehatan keseluruhan Anda. Dokter juga akan merujuk penderita diabetes atau prediabetes kepada ahli gizi. Ahli tersebut dapat membantu orang-orang yang hidup dengan diabetes untuk memiliki gaya hidup yang seimbang dan aktif, serta mengatasi kondisi yang diderita. 

Pendukung pengobatan diabetes melitus untuk menjaga tubuh tetap sehat di antaranya adalah mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan segar. Makanan seperti buah, sayuran, protein tanpa lemak, produk dairy rendah lemak, dan sumber serat yang sehat sangat baik bagi penderita diabetes. Selain itu, Anda harus menghindari makanan yang tinggi kandungan gula yang hanya akan menyediakan kalori kosong atau kalori yang tidak memiliki manfaat gizi lainnya. Makanan yang perlu dihindari tersebut adalah minuman bersoda, makanan gorengan, dan makanan manis tinggi gula. Anda juga perlu menghindari atau mengurangi konsumsi alkohol, dan hanya membatasi satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria setiap harinya. Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah olahraga secara rutin. Lakukan olahraga 30 menit setiap harinya. Olahraga ringan sebagai pengobatan diabetes melitus yang direkomendasikan adalah berjalan, aerobik, bersepeda, dan berenang. 

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*