Penuhi Kebutuhan Nutrisi di Masa 1000 Hari Pertama Kehidupan Buah Hati

  • January 14, 2022

bayi yang baru lahir dibungkus dengan kain hijau dan ditempatkan di atas tikar karet lembut - newborn baby potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Banyak orang yang mengira pertumbuhan bayi baru akan dimulai ketika ia lahir, padahal masa emas pertumbuhan bayi dimulai sejak ia berada di dalam kandungan hingga berumur dua tahun. Oleh karena itu, penuhilah asupan gizi yang cukup dan seimbang pada 1000 hari pertama kehidupannya.”

Apakah Anda masih bertanya apa itu 1000 hari pertama kehidupan? 1000 hari pertama kehidupan adalah 270 hari selama masa kehamilan, dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupannya.

1000 hari pertama kehidupan juga dikenal sebagai window of oppurtunities atau masa emas anak. Sesuai dengan namanya, periode ini adalah masa tumbuh kembang anak terjadi secara pesat. Pada periode ini, anak akan mengalami perkembangan otak, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan hal penting lainnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda sangat berperan pada fase ini. Simak penjelasan di bawah ini mengenai 1000 hari pertama kehidupan dan nutrisi apa saja yang harus dilengkapi oleh ibu untuk sang buah hati.

Mengenal 1000 hari pertama kehidupan (HPK)

Masa kehamilan dan awal kehidupan menjadi masa-masa penting bagi pertumbuhan bayi, salah satunya akan berkaitan dengan kecerdasan jangka panjangnya. Maka, jika pada 1000 hari pertama kehidupan tidak dilakukan secara optimal akan mempengaruhi perkembangan otak dan mempengaruhi kehidupan anak di masa depan.

Di 1000 HPK, otak bayi memiliki 10 miliar sel dan akan berkembang dengan bantuan asupan nutrisi yang diberikan pada bayi. Jadi, apabila bayi tidak mendapat nutrisi yang cukup akan memicu terjadinya cacat lahir.

Namun, jika bayi mendapatkan nutrisi yang berlebih pada 1000 hari pertama kehidupan juga bisa menyebabkan bayi mengalami obesitas dan memicu penyakit lainnya yang disebabkan oleh kelebihan berat badan. 

Oleh karena itu, tidak hanya baik, Anda juga harus memerhatikan bahwa nutrisi yang diberikan telah seimbang.

Nutrisi penting di 1000 hari pertama kehidupan

Memaksimalkan perkembangan anak di 1000 hari pertama kehidupannya tentunya dipengaruhi oleh makanan yang ia konsumsi. Di bawah ini beberapa asupan nutrisi yang harus diterima bayi di masa 1000 hari pertama kehidupan, selain mengonsumsi ASI.

  1. Zat besi

Secara alamiah, bayi yang dilahirkan telah memiliki kandungan zat besi di dalam tubuhnya. Namun, zat besi tersebut akan habis saat usinyanya mencapai 4-6 bulan. Oleh karena itu, perlu asupan tambahan yang mengandung zat besi

Zat besi memiliki fungsi untuk menambah volume darah dan membawa oksigen ke tubuh bayi. Jika bayi kekurangan zat besi di masa 1000 hari pertama kehidupannya maka akan rentan mengalami gangguan kognitif yang akan bertahan hingga dewasa.

Selain itu, anak-anak yang kekurangan zat besi bisa mempengaruhi perilaku sosialnya. Anak akan memiliki sifat pemarah, mudah depresi, sulit untuk belajar, dan lainnya.

  1. Asam folat

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa ibu hamil dan menyusui penting untuk mengonsumsi asam folat. sebab, asam folat adalah kandungan yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel otak dan sumsum tulang belakang anak.

Penuhi asam folat dengan perbanyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan banyak lagi.

  1. Asam lemak tak jenuh

Lemak juga dibutuhkan selama masa 1000 hari pertama kehidupan, tetapi pastikan itu adalah asam lemak tak jenuh.

Nutrisi satu ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, perkembangan mata, otak, saraf, dan otot bayi.

  1. Vitamin

Pertumbuhan sel dan perkembangan organ di dalam tubuh juga dipengaruhi oleh vitamin yang dikonsumsi. Beberapa vitamin yang penting pada 1000 hari pertama kehidupan adalah vitamin D, K, B6 dan B12.

Jika bayi masih berada di dalam kandungan, maka nutrisi-nutrisi di atas bisa didapat melalui tali plasenta yang menghubungkan ibu dan sang buah hati. Lalu saat setelah lahir, nutrisi bisa dikonsumsi oleh ibu dan diberikan dalam bentuk ASI. Barulah ketika anak mulai melakukan MP-ASI, ibu bisa memberikan nutrisi tersebut dalam bentuk makanan yang beragam.

Jadi, jangan mengabaikan kebutuhan nutrisi anak di masa 1000 hari pertama kehidupan agar ia tidak mengalami hambatan pada tumbuh kembangnya. Dengan memenuhi nutrisi juga bisa membantu anak menjadi sehat dan cerdas.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter anak terkait kebutuhan nutrisi untuk anak Anda secara khusus, dan tips 1000 hari pertama kehidupan lainnya.  

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*