Penyebab Badan Bengkak yang Harus Diwaspadai

  • November 12, 2021

Badan bengkak atau edema merupakan suatu kondisi yang diakibatkan oleh retensi cairan. Pembengkakan biasanya terjadi pada tangan, wajah, lengan, pergelangan kaki atau bagian tubuh lainnya. Pembengkakan biasanya terjadi secara perlahan namun bisa menjadi tanda kondisi serius.

Kondisi Medis Menyebabkan Badan Bengkak 

Selain karena adanya retensi cairan, edema juga bisa disebabkan oleh kematian jaringan, infeksi, malnutrisi hingga masalah pada peredaran darah. Edema biasanya juga menjadi gejala dari kondisi serius yang harus diwaspadai seperti:

  1. Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan bagian penting dalam tubuh. Jika seseorang mengalami gangguan pada ginjalnya, maka kelebihan cairan di dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Hal tersebut bisa membuat tekanan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan beberapa cairan bocor. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa mengalami pembengkakan pada kaki dan mata.

Edema juga bisa terjadi karena kerusakan pada kapiler yang berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan pada darah. Hal tersebut menyebabkan sindrom nefrotik yang membuat kadar protein albumin dalam darah rendah.

Penyebab tumit bisa bengkak adalah karena stres fisik berulang pada otot-ototnya.
  1. Sirosis Hati

Sirosis merupakan kerusakan pada hati yang disebabkan oleh penyakit seperti hepatitis dan ketergantungan alkohol. Sirosis akan mengubah sekresi hormon dan bahan kimia pengatur cairan serta juga dapat mengurangi produksi protein. Itu menyebabkan adanya cairan yang bocor keluar dari pembuluh darah ke jaringan sekitarnya.

Sirosis juga bisa membuat tekanan dalam vena portal meningkat. Vena portal berperan untuk membawa darah dari usus, limpa dan pankreas ke hati. Kerusakan hati karena sirosis tidak bisa diobati namun jika didiagnosis lebih awal, maka bisa meminimalisir kerusakan lebih parah.

Salah satu gejala dari sirosis hati adalah adanya pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki yang disertai mudah memar, mudah berdarah, kelelahan, penurunan berat badan hingga adanya penumpukan cairan di perut.

  1. Gagal Jantung

Badan bengkak khususnya pada bagian kaki, pergelangan kaki dan perut merupakan salah satu gejala dari gagal jantung. Penyakit ini disebabkan karena jantung tidak lagi mampu memompa suplai darah yang cukup ke tubuh. Jika aliran darah tidak mencukupi maka fungsi tubuh akan terganggu.

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab gagal jantung seperti penyakit arteri koroner (CAD), penyakit jantung bawaan, serangan jantung, penyakit katup jantung, tekanan darah tinggi hingga kardiomiopati (terganggunya otot jantung yang menyebabkan pelemahan jantung)

  1. Gumpalan Darah

Gumpalan darah bisa terbentuk pada pembuluh darah arteri atau vena yang bahkan terjadi tanpa adanya cedera. Ini bisa menyebabkan komplikasi yang cukup serius seperti emboli paru, gagal ginjal hingga trombosis vena dalam (DVT).

Penderita sirosis, kanker, perokok dan berusia diatas 60 tahun berisiko mengalami penggumpalan darah. Gumpalan darah bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti otak, jantung, lengan, kaki, perut dan paru-paru. Jika penggumpalan darah terjadi lengan atau kaki, maka bisa menyebabkan pembengkakan.

Selain empat kondisi tersebut, ada hal lainnya yang bisa menyebabkan badan bengkak yaitu:

  1. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Ada beberapa obat-obatan yang bisa menyebabkan pembengkakan pada anggota tubuh seperti obat anti inflamasi non-steroid, obat diabetes hingga obat kemoterapi.

  1. Alergi

Badan bengkak bisa menjadi salah satu reaksi alergi yang dapat disebabkan oleh makanan atau gigitan serangga. Pembengkakan bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh atau wajah. Dan jika parah bisa menjadi gejala anafilaksis (reaksi alergi parah). Selain itu, pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan adalah kondisi darurat karena bisa menutup jalan napas penderitanya.

  1. Infeksi

Pembengkakan merupakan suatu hal yang ditimbulkan dari infeksi yang jika Anda mengalaminya maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Jaringan yang terinfeksi akan mengalami pembengkakan yang paling terlihat pada area kulit.

Jika Anda mengalami badan bengkak yang tidak wajar, maka Anda bisa langsung menemui dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*