Peraturan Futsal Terbaru Ini Wajib Diketahui Penjaga Gawang

Peraturan Futsal Terbaru Ini Wajib Diketahui Penjaga Gawang

  • September 2, 2021

Kamu berposisi sebagai kiper ketika bermain futsal? Kamu nampaknya perlu mengetahui peraturan futsal terbaru dari FIFA yang dirilis pada Jumat, 28 Mei 2020. Meskipun diresmikan satu tahun silam, mungkin belum banyak yang mengetahui peraturan futsal atau FIFA Futsal Law of the Game 2020/21. Sebelumnya, peraturan futsal terakhir mengacu pada FIFA Futsal law of the Game 2014/15.

FIFA mengumumkan beberapa perubahan terkait regulasi dan peraturan futsal. Dalam perubahan itu, salah satu poin penting yang tak boleh dilewatkan adalah terkait penjaga gawang. 

Pada dokumen perubahan peraturan futsal terbaru yang dirilis, FIFA menyetujui pembatasan dalam cara penjaga gawang dalam melempar bola. Poin utamanya adalah kiper futsal dilarang untuk melempar bola hingga melewati garis tengah lapangan.

Dengan begitu, kiper futsal harus mendistribusikan bola hanya di area timnya. Jika kiper melakukan kesalahan dalam hal ini maka tim lawan akan mendapatkan tendangan bebas tidak langsung (indirect free kick) di titik di mana bola tersebut melewati garis tengah.

FIFA telah menyetujui batasan tertentu pada lemparan bola oleh penjaga gawang untuk pemuda, senior, penyandang disabilitas, dan futsal akar rumput, dengan persetujuan FA nasional atau konfederasi yang menyelenggarakan kompetisi atau FIFA. 

Menurut FIFA, filosofi dari peraturan futsal terbaru ini adalah untuk mempromosikan kreativitas dalam futsal dan mendorong perkembangan teknis pemain.

Namun, FIFA membebaskan Asosiasi Sepakbola Negara atau Konfederasi masing-masing untuk memakai peraturan ini atau tidak. Hanya jika memakai atau tidak memakai peraturan ini, asosiasi sepakbola atau konfederasi wajib memberitahu FIFA melalui surat dengan menyertakan alasan.

Di Spanyol, peraturan ini sempat diterapkan, tetapi hanya untuk futsal kelompok umur karena demi mendorong kemampuan dan mengasah visi bermain.

Nah, itu dia adalah peraturan futsal yang penting diketahui khususnya untuk penjaga gawang.

Tentang Futsal

Mengutip dari berbagai sumber, futsal sendiri dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil.  Pertandingan futsal Internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California.

Sementara itu, baru pada tahun 2002, futsal diakui secara resmi di Indonesia ketika negeri ini didaulat sebagai penyelenggara putaran final kejuaraan Futsal tingkat Asia di Jakarta oleh AFC (Asian Football Confederation).

Meski terbilang masih baru, namun olahraga ini cukup banyak dijumpai di berbagai wilayah. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya lapang futsal yang di bangun di sejumlah kota-kota besar Indonesia.

Secara garis besar, peraturan futsal terbagi menjadi empat bagian, yakni lapangan permainan futsal, ukuran bola, jumlah pemain, dan lama permainan futsal. 

Lapangan Permainan Futsal

  1. Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m
  2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
  4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  5. Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang
  6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Bola Futsal

  1. Ukuran: #4
  2. Keliling: 62-64 cm
  3. Berat: 390-430 gram
  4. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya)

Jumlah Pemain Futsal

  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang.
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
  4. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  5. Metode pergantian pemain: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga
    gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
  6. Perlengkapan pemain: Kaos bernomor, celana pendek, kaus kaki, pelindung lutut, dan alas kaki bersolkan karet

Lama permainan Futsal

  • Lama: dua babak 20 menit; waktu diberhentikan ketika bola berhenti dimainkan. Waktu dapat diperpanjang untuk tendangan penalti.
  • Time-out: 1 per regu per babak; tak ada dalam waktu tambahan
  • Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit

Kira-kira begitulah peraturan futsal dasar untuk mengingatkan kamu yang sering atau hobi bermain futsal.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*