Rekomendasi Rumah Sakit di Tegal untuk Konseling Laktasi

  • November 25, 2021

Memberikan ASI kepada anak merupakan kebahagiaan bagi hampir seluruh ibu. Sayangnya, terkadang ada masalah yang membuat proses menyusui si kecil terhambat. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional. Salah satu rumah sakit di Tegal yang menyediakan prosedur unggulan konseling laktasi adalah  RSIA Pala Raya.

Konseling laktasi dilakukan oleh konselor yang berpengalaman sehingga bisa membantu ibu menyusui untuk mengatasi kesulitan yang dialami saat memberikan ASI kepada bayi. Selain menyiapkan kondisi fisik, konseling ini juga membantu Anda menyiapkan mental untuk menyusui.

Peran konselor laktasi

Konselor laktasi memiliki peran penting dan dapat menjadi aset besar bagi ibu menyusui. Peran penting konselor menyusui diantaranya adalah:

  1. Sumber informasi terbaik

Informasi mengenai laktasi memang bisa didapatkan dengan mudah di internet. Namun, informasi tersebut belum tentu sesuai dengan kondisi yang dialami. Penting untuk mendapatkan informasi langsung dari tenaga profesional sehingga proses menyusui dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, untuk beberapa wanita membutuhkan waktu dan latihan untuk belajar posisi menyusui yang benar, mencari petunjuk kecil yang diberikan si kecil, atau mengetahui berapa lama waktu untuk menyusui. Untuk mengatasi dan menjawab hal-hal tersebut Anda bisa mendapatkan bantuan dari konselor laktasi.

Tenaga konselor laktasi juga bisa memberikan informasi mengenai ciri ASI yang berkualitas sehingga membuat si kecil mendapatkan nutrisi yang baik. Anda bisa menanyakan apa saja mengenai laktasi dengan konselor menyusui.

  1. Membantu menyusui menjadi pengalaman terbaik

Menyusui merupakan salah satu cara untuk meningkatkan bonding ibu dan bayi. Untuk menguasainya terkadang membutuhkan waktu beberapa hari hingga minggu. Tidak perlu khawatir, Anda bisa meminta bantuan dari konselor laktasi.

Konselor laktasi akan memberikan dorongan sebanyak yang Anda butuhkan dengan sangat sabar. Dengan begitu, Anda dan si kecil bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam menyusui.

  1. Memberikan solusi

Beberapa masalah sering terjadi dalam proses menyusui, seperti payudara nyeri, bengkak, hingga saluran ASI tersumbat. Anda bisa mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut dengan berkonsultasi dengan konselor laktasi.

Banyak obat yang tidak diperbolehkan untuk ibu menyusui dan tidak disarankan untuk mengonsumsi obat karena bisa berpengaruh terhadap ASI. Konselor laktasi akan memberikan solusi kepada ibu mengenai pengobatan alami yang dapat meredakan dan menghilangkan ketidaknyamanan ibu saat menyusui.

  1. Memberikan solusi mengenai hal lain diluar laktasi

Selain menyusui, konselor laktasi juga bisa memberikan informasi lainnya seperti cara penanganan jika puting ibu lecet saat menyusui, berat badan bayi yang bertambah tidak sesuai dengan seharusnya, masalah perkembangan bayi, dan lainnya.

  1. Memberikan tips, trik, dan petunjuk

Berbagai tips dan trik berharga yang tidak diketahui banyak orang akan diberikan oleh konselor laktasi.

Jika ibu memiliki masalah seperti produksi susu, infeksi payudara, dan ingin menyapih anak, maka konselor menyusui juga dapat memberi petunjuknya.

Memilih konselor laktasi

Ketika ingin melakukan konseling laktasi, Anda perlu memastikan konselor yang melakukan praktek telah tersertifikasi. Jika Anda berada di sekitar Tegal, Anda bisa mengunjungi RSIA Pala Raya. Konseling laktasi merupakan prosedur unggulan dari rumah sakit di Tegal ini.

RSIA Pala Raya juga memiliki dokter kandungan yang berpenglaman sehingga bisa membantu dalam mengatasi permasalahan pada ibu yang menyusui. 

Selain konseling laktasi, rumah sakit di Tegal ini juga memiliki prosedur unggulan lainnya seperti USG 4D, tes covid-19, medical check up (MCU), dan vaksin influenza. RSIA Pala Raya terletak di jalan Pala Raya No.11A, Sibata, Mehasem Barat, Tegal, Jawa Tengah.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*