Simak Tanda Anda Kebanyakan Minum Air Putih

  • January 15, 2022

Minum cukup air sangat penting agar tubuh, namun jikakebanyakan minum air putihdapat menyebabkan overhidrasi yang sama berbahayanya dengan dehidrasi. Minum terlalu banyak air menyebabkan hiponatremia dan memberikan dampak pada penurunan kadar natrium dalam aliran darah menjadi tidak normal atau disebut dengan keracunan air. Keracunan air juga dapat menyebabkan kejang, koma, dan bahkan kematian. Berikut beberapa tanda yang harus Anda waspadai saat kebanyakan minum air putih.

1. Selalu menyediakan membawa botol minum 

Apakah Anda selalu membawa botol minum setiap hari dan mengisinya kembali saat habis? Terlalu banyak minum air putih menyebabkan kadar natrium rendah, sehingga semua sel di tubuh mengalami pembengkakan secara tidak wajar. Menurut Tamara Hew-Butler, PhD, profesor ilmu olahraga di Universitas Oakland di Rochester, MI, kondisi ini berbahaya karena membuat otak Anda mulai membengkak, sekitar 8 sampai 10% yang dapat membuatnya mendorong batang otak keluar.

2. Minum air bahkan ketika tidak haus

Tubuh kita diprogram untuk melawan dehidrasi, untuk melindungi kita dari kehausan. Rasa haus adalah monitor yang memberi tahu Anda jika membutuhkan lebih banyak air dan saat itulah waktu yang tepat untuk segera minum. 

3. Terus minum air sampai urin berwarna jernih

Warna urin yang sehat adalah berwarna seperti jerami hingga kuning transparan. Meskipun urin yang jernih adalah tanda hidrasi paling sehat, memiliki urin tanpa pigmentasi bisa menjadi tanda bahwa Anda minum terlalu banyak air. 

4. Anda sering buang air kecil, termasuk pada malam hari

Dalam ukuran normal, orang buang air kecil sebanyak enam sampai dengan delapan kali sehari. Namun, apabila Anda buang air kecil lebih dari sepuluh kali dalam satu hari, maka Anda mungkin kebanyakan minum air putih dan sebaiknya dihentikan sebelum berdampak serius. Anda dapat mencegahnya untuk tidak buang air kecil pada malam hari, dengan cara minum segelas air satu jam sebelum tidur.

5. Merasa mual dan mungkin mengalami muntah

Kondisi tubuh lainnya yang mungkin terjadi ketika Anda minum terlalu banyak air adalah ginjal menjadi kesulitan atau bahkan tidak dapat membuang kelebihan cairan yang ada. Hal ini dapat menyebabkan muntah, mual hingga diare terus menerus karena terlalu banyak cairan.

6. Mengalami sakit kepala berdenyut sepanjang hari

Sakit kepala adalah tanda overhidrasi dan dehidrasi. Ketika kebanyakan air, konsentrasi garam dalam darah akan berkurang dan menyebabkan sel-sel dan organ-organ mengalami pembangkakan, termasuk jaringan di dalam otak Anda. Tekanan ini dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah kesehatan lainnya yang serius dan mungkin mengancam jiwa.

7. Pembengkakan dan perubahan warna 

Ketika semua sel di seluruh tubuh mulai membengkak akibat terlalu banyak air di dalam sel, maka kulit mulai terlihat membengkak secara perlahan tanpa Anda sadari. Anda akan mengalami penambahan berat badan secara tiba-tiba karena pembengkakan. Jika Anda mulai mengalami keganjalan ini, sebaiknya pertimbangkan untuk mengurangi asupan air dan lihat apakah gejala mulai mereda atau tetap sama.

8. Otot lemah dan mudah kram

Ketika kebanyakan minum air putih kadar elektrolit turun dan keseimbangan terganggu. Kadar elektrolit yang rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala seperti kejang otot dan kram. Masalah otot dapat dicegah dengan mengganti beberapa gelas air sehari dengan minum air kelapa.

9. Mudah merasa lelah

Apakah Anda sudah cukup tidur tetapi masih merasa lelah? Inilah salah satu tanda Anda mengalami gejala kebanyakan minum air putih atau penyebabnya adalah overhidrasi. Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan Anda kehilangan energi, yang membuat rasa kantuk, atau lelah, karena terjadi ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*