Tangan Terkilir, Berikut Adalah Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • January 15, 2022

Selain kaki yang sering terkilir, tangan juga dapat mengalami kondisi tersebut. Tangan terkilir adalah kondisi gangguan berupa robek jaringan otot atau ligamen pada tangan yang umumnya dapat terjadi pada jari-jari dan pergelangan.

Terkilirnya tangan pun seperti halnya kaki, yaitu dapat terjadi sewaktu-waktu atau mendadak terutama saat Anda beraktivitas.

Akan tetapi kondisi ini sering dianggap sepele dan dibiarkan saja bagi kebanyakan orang karena tangan terkilir bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal, hal yang demikian bisa berubah menjadi kondisi yang parah yang berakibat tangan susah digerakkan dan tidak bisa luwes.

Lalu apa sajakah yang dapat menyebabkan tangan keseleo? Simak penjelasannya di bawah ini sampai tuntas.

Berolahraga secara intensif

Seperti halnya pada kaki, tangan yang terkilir juga disebabkan oleh intensitas olahraga yang Anda lakukan terutama yang memakai tangan.

Olahraga-olahraga itu adalah basket, senam lantai, skating, dan motorsport seperti balap mobil dan motor.

Pergerakan tangan yang berubah-ubah dan tidak stabil membuat jaringan otot dan ligamen terkejut sehingga dengan intensitas yang tinggi membuat jaringan tersebut robek.

Melakukan kegiatan yang berulang-ulang

Kegiatan berulang-ulang yang dilakukan setiap hari disebut yang paling sering menyebabkan tangan keseleo.

Kegiatan-kegiatan itu antara lain mengetik, mencuci, membersihkan rumah, bekerja, dan lain sebagainya yang menjadikan tangan sebagai tersangka tumpuan, dan kebanyakan kegiatan tersebut dilakukan secara intensif dalam durasi yang lama.

Adanya penyakit tertentu

Penyebab tangan terkilir adalah tidak melulu pada aktivitas harian yang berulang-ulang tetapi juga adanya penyakit tertentu.

Penyakit yang dimaksud adalah radang sendi rematik yang bisa terjadi karena adanya gangguan pada sendi pergelangan karena faktor usia, makanan, dan lain-lain.

Penyebab lain tangan keseleo adalah kista ganglion, sindrom terowongan karpal, meningkatnya asam urat, dan patah tulang serta benturan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Apabila Anda mengalami kondisi tangan yang terkilir atau keseleo sebenarnya Anda jangan panik dan harus tenang sembari melakukan beberapa hal berikut di bawah ini.

Melakukan perawatan diri 

Cara ini cukup mudah dilakukan. Ketika Anda mengalami keseleo yang harus Anda lakukan dengan mengistirahatkan diri supaya tangan yang terkilir dapat pulih kembali.

Selain itu, Anda bisa mengompres tangan dengan es yang akan membantu mengurangi pembengkakan pada bagian yang terkilir.

Minum obat

Di pasaran tersedia banyak sekali obat-obatan yang mampu mengurangi rasa nyeri akibat tangan terkilir.

Obat-obatan itu adalah ibuprofen dan naproksen yang dijual secara bebas. Namun sebelum menggunakan obat-obatan ini sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terkait dengan efek samping yang ditimbulkan.

Menggunakan alat bantu

Tangan yang terkilir apabila cukup parah membuat susah sekali digerakkan sehingga cara terbaiknya adalah dengan menggunakan alat bantu berupa kruk (penyangga) dan gips untuk membantu penyembuhan.

Terapi

Terapi diperlukan supaya dapat memulihkan rentang gerak dan kekuatan tangan. Selain itu, untuk memulihkan fleksibilitas dan stabilitas bagian yang terkilir.

Terapi dilakukan berdasarkan saran dari dokter, dan selain memulihkan dapat membantu mencegah keseleo datang kembali.

Operasi

Apabila tangan yang mengalami keseleo cukup parah dan sukar diatasi dengan metode-metode sebelumnya, cara terakhir yang bisa untuk mengatasinya adalah melalui operasi.

Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki ligamen pada tangan yang tidak bisa sama sekali sembuh.

Selain itu, operasi untuk tangan terkilir adalah untuk merekonstruksi ligamen yang terkilir dengan ligamen lain dan tendon di dekatnya. Biasanya ini dilakukan pada atlet olahraga profesional.

Bart

E-mail : admin@cremasonline.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*